TPID Gandeng Ulama Dan Organisasi Wanita se-NTB Bersinergi Kendalikan Inflasi

0
64

MATARAM, MetroNTB.com – Memasuki pertengahan Bulan Ramadhan 1439 H, upaya pengendalian inflasi tetap dilakukan oleh TPID Provinsi NTB guna memastikan stabilitas harga komoditas di masyarakat.

Kali ini, TPID Provinsi NTB bersinergi dengan para Ulama serta Organisasi Wanita se-Provinsi NTB untuk mengendalikan inflasi di Bulan Ramadhan, melalui pengendalian konsumsi yang berlebihan.

Karman Ad

Sinergi tersebut dilakukan pada kegiatan Silaturahmi TPID dengan Ulama dan Organisasi Wanita se-Provinsi NTB, bertempat di ruang serbaguna Kantor Perwakilan BI NTB, Kamis

Acara Silaturahmi tersebut juga dirangkaikan dengan talkshow dan diskusi bertema “Perbanyak Sedekah dan Kendalikan Komsumsi di Bulan Ramadhan”.

Talk show menghadirkan tiga narasumber diantaranya TGH Muhson Yunus selaku Ketua Fatwa MUI NTB yang membawakan materi ajaran Islam tentang berkonsumsi, TGH Hasanain Junaini selaku Pimpinan Ponpes Nurul Haramain, membawakan materi Sedekah di Bulan Ramadhan, dan Ibu Rita Siswati selaku Wakil Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) NTB yang membawakan materi strategi belanja bijak di bulan Ramadhan.

Pemprov 300×600

Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah NTB, Rosiady H. Sayuti dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB Achris Sarwani.

Kepala Kantor Perwakilan BI NTB, Achris Sarwani mengatakan bahwa inflasi yang rendah dan stabil tetap diperlukan sebagai stimulus perekonomian.

“Hal yang perlu diwaspadai adalah inflasi yang sangat tinggi dan terus menerus sehingga menurunkan daya beli masyarakat,” katanya

Menurutnya, pada beberapa periode tertentu, seperti bulan puasa, tingkat inflasi cenderung meningkat, salah satunya didorong oleh ekspektasi berkonsumsi yang meningkat di masyarakat.

“Dengan demikian, peran ulama dan organisasi wanita menjadi strategis dalam mengendalikan konsumsi yang berlebihan serta mendorong untuk memperbanyak sedekah,” ujar Achris

Ia berharap melalui kegiatan silaturahmi ini dapat tercipta sinergi yang baik antara TPID, ulama, dan organisasi wanita se-Provinsi NTB.

Sementara, Sekda NTB Rosyadi H Sayuti menegaskan bahwa pendekatan keagamaan dan kultural diperlukan untuk mengendalikan inflasi di Masyarakat.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengendalikan belanja yang berlebihan, serta memperbanyak sedekah di Bulan Ramadhan,” cetusnya

Comments

comments