Tingkatkan Produktivitas Pertanian, BI Jalin Kerjasama Pengembangan Klaster Padi

0
115

LOMBOK TENGAH, MetroNTB.com – Terlibat aktif meningkatkan produktivitas pertanian melalui pengembangan klaster pasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB menandatangani perjanjian kerjasama pengembangan klaster padi di Aula Kantor Bupati Lombok Tengah beberapa waktu lalu.

Turut hadir pada acara terswbut, Pjs Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB, Achris Sarwani, Kepala BPTP Provinsi NTB, Muhammad Saleh Mokhtar, Dirut BPD NTB, Komari Subakir serta pejabat dari dinas dan instansi vertikal terkait.

Kepala BI Perwakilan NTB, Achris Sarwani menegaskan bahwa perhatian Bank Indonesia (BI) terhadap pengembangan ekonomi di sektor rill.

“Sebagai sektor utama di perekonomian NTB, diharapkan pertanian dapat terus tumbuh secara berkelanjutan,” harapnya

“Oleh sebab itu, klaster padi yang dikembangan melalui demplot seluas 1 hektar ini akan diarahkan untuk menggunakan metode total organik dalam penanamannya,” kata Achris

Diungkapkannya, adapun lokasi demplot sendiri bertempat di Desa Muncan Kecamatan Kopang Lombok Tengah.

“Melalui pengembangan padi organik di Kabupaten Lombok Tengah, diharapkakan petani dapat lebih mandiri dengan tidak selalu bergantung pada pupuk bersubsidi,” cetusnya

Menurutnya, pengembangan padi organik diyakini memiliki biaya produksi yang lebih rendah karena dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitarnya.

“Diharapkan kedepan agar klaster padi tersebut dapat menjadi percontohan kepada kelompok lainnya,” tandasnya

Sementara, Pjs Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri menegaskan bahwa Pemkab Lombok Tengah mendukung penuh upaya peningkatan produktivitas sektor pertanian, karena sektor pertanian juga menjadi penopang utama perekonomian Lombok Tengah.

“Sektor pertanian diyakini akan mendukung pengembangan sektor pariwisata Lombok Tengah, yang sedang berkembang pesat melalui KEK Mandalika,” tegasnya

Comments

comments