Tingkatkan Nasionalisme, GP Ansor Kota Mataram Gelar Sarasehan

0
42

MATARAM, MetroNTB.com – Dalam angka meningkatkan rasa Nasionalisme dan cinta tanah air Di Kota Mataram, Gerakan Pemuda  (GP) Anshor Kota Mataram menggelar sarasehan bertempat di aula PGRI NTB, Kamis (1/2)

Wakil Ketua GP Ansor Kota mataram, Selamat Subroto menyebutkan bahwa radikalisme yang sering terjadi di kalangan masyarakat semakin banyak terjadi, salah satu contoh di kota mataram yaitu di Monjok-Taliwang beberapa waktu lalu.

Karman Ad

“Melalui sarasehan ini, GP Anshor Kota Mataram mengajak semua elemen bangsa untuk menjaga persatuan dan semangat nasionalisme khususnya di Kota Mataram. Sebagaimana kita ketahui bahwa Kota Mataram sangat plural,” kata Subroto

Sementara itu, Walikota Mataram yang diwakili oleh Asisten I, Lalu Martawang menyambut baik kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya untuk menyatukan umat di Kota Mataram.

“Peran tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting di tengah kehidupan majemuk seperti kota Mataram,” kata Martawang saat membacakan sambutan Walikota Mataram

Pemprov 300×600

Dia mengatakan bahwa tahun 2018 merupakan tahun politik di kota Mataram.

“Untuk itu, kami berharap kegiatan ini sebagai antisipasi agar penyelenggaraan Pilkada serentak bisa terwujud dengan kondusif dan aman, khususnya di Kota Mataram.

“Kami meminta kepada GP Anshor untuk membantu pemerintah dan aparat untuk kodusifitas daerah,” imbuhnya

Pada kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber KBO Sat Binmas, IPTU Made Karta mengingatkan agar sinergitas polri dalam mencegah radikalisme di kota Mataram lebih masif.

“Mari kita mencegah tadikalisme dengan memperkuat kerjasama kepolisian dengan masyarakat,  termasuk GP Ansor,” ujarnya

untuk menangkal radikalisme di kalangan masyarakat ,” ujarnya

Dicontohkannya, beberapa langkah yang dilakukan dalam menangkal radikalisme diantaranya dengan cara memberikan penyuluhan kepada masyarakat baik di sekolah-sekolah, ponpes,kelurahan-kelurahan maupun tempat lainnya.

“Dilapangan tentu melakukan koordinasi dengan Babinkabnas yang ada di seluruh desa , itulah upaya upaya yang dilakuakn secara prepentif yang langsung terjun,” paparnya.

Perwakilan MUI Kota Mataram, Muhammad Sirojudin dalam kesempatan yang sama memaparkan bahwa nasionalisme di semua elemen bangsa harus tetap dijaga dan di rawat.

“Oleh sebab itu, para tokoh kaum intelek harus istiqomah menyerukan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat,” tuturnya

MUI, tambahnya, adalah wadah bertemunya semua Ormas. Untuk menumbuhkan rasa aman di Kota Mataram, MUI telah bekerja secara maksimal

Senada dengan perwakilan Dandim 1606 Lobar, I Nyoman Dirga  mengatakan bahwa permasalahan di dalam masyarakat akan mampu diatasi dengan pendekatan yang dilakukan oleh para tokoh agama  dan tokoh masyarakat setempat.

“Peran tokoh sangat penting dalam menjaga semangat nasionalisme,” pungkasnya

Comments

comments