Tanda Cinta Rotary Kepada Anak Kecil ADHA dan AHIDA

0
151

Yogyakarta, MetroNTB.com – Memberi dukungan ataupun support kepada Anak Dengan HIV Aids (ADHA) dan AHIDA memang perlu digalakkan. Terlebih mereka adalah anak yang tertular karena orang tua mereka.

“ADHA tidak perlu ditakuti atau dihindari. Karena HIV itu sendiri tidak mudah menular. Jadi Tidak selayaknya dikucilkan” kata Diah Arfianti Korwil Victory Plus di sela-sela acara bertajuk “Tondo Katresnan Karo Konco Cilik ADHA dan AHIDA” yang di selenggarakan oleh Rotary Club Yogyakarta Of Prambanan didukung oleh Yayasan Victory Plus Yogyakarta di Wulan Pari Gunungkidul, Senin (20/08) pagi.

ADS IRZANI

Lebih lanjut Diah mengatakan dengan berkomunitas ADHA mentalnya akan semakin kuat, sehingga anak itu tetap berkembang seperti anak-anak sebagaimana anak bukan dengan HIV.

“darah yang keluar dari penderita itu dalam hitungan 60 virus HIV akan mati. Jadi untuk menularkan itu harus ada luka. Jika tidak ada itu tidak akan menularkan.” Jelasnya.

Diah menuturkan bahwa anak-anak penderita ini membutuhkan dukungan dari orang sekitarnya.

“yang pasti, adek-adek¬† ADHA dan AHIDA membutuhkan dukungan yang luar biasa tidak hanya dari keluarga, tetapi juga¬† membutuhkan dukungan dari masyarakat, juga negara, seperti itu.” harapnya.

Ia juga menegaskan bahwa mereka mempunyai hak yang sama sebagai manusia dan warga negara.

“Jadi mereka tidak perlu dikucilkan, didiskriminasi, karena mereka mempunyai hak yang sama.” jelasnya.

Sementara itu dalam acara yang sama Novi Resmi Ningrum selaku Presiden Rotary Club of Yogyakarta Prambanan menjelaskan saat diwawancara mengatakan bahwa saat ini Rotary memberikan dampingan sebagai penghubung dalam acara ini.

” sementara ini Rotary memberikan pendampingan dulu dari sisi sikologi” kata Novi.

Novi juga mengatakan acara ini memang bekerjasama dengan Amazing Moms Yogyakarta yang telah mensupport dana dan juga Wulan Pari Gunungkidul yang telah menyediakan tempat dan konsumsinya.

“Rotary Club of Yogyakarta Prambanan satu tahun kedepan ini punya mimpi, punya jadwal kerja yang kita mau berfokus pada anak-anak ODHA. Kita mau berfokus pada mereka pengen juga memberikan bantuan nutrisi pada mereka.” jelasnya.

Novi menegaskan bahwa Rotary Club of Yogyakarta Prambanan merasa perihatin kepada ADHA.

“kami perihatin saja. Mereka anak-anak tidak tahu apa-apa, mereka yang terlahir dari orang tua yang mungkin, berawal dari orang tua yang HIV dan AIDS juga. Mereka terlahir tidak mengerti status mereka. Kami ingin merekapun diterima di masyarakat. Sekolah biasa, main biasa, pendidikannya dapat, dan yang pasti kesehatannya juga dapat.” pungkasnya.

Comments

comments