Tanam 300 bibit pohon buah di bantaran sungai oyo

0
69

Yogyakarta, MetroNTB.com – Kali Oyo memang sedang menjadi perhatian. Terlebih setelah musibah banjir yang mengenai sejumlah desa di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul.

Setelah beberapa waktu lalu Rotary Club Of Yogyakarta Prambanan menyalurkan bantuannya kepada beberapa korban banjir kali Oyo. Hari ini Kamis, (18/01) pagi Rotary Club of Yogyakarta Prambanan dan Amazing Moms kembali melancarkan aksi sosialnya.

Iklan Karman

Kegiatan Tanam 300 bibit pohon buah yang dilaksanakan di Desa Beji tepatnya di bantaran kali Oyo Gunungkidul dihadiri juga oleh Wakapolres Sleman Kompol Heru Muslimin, Wakapolres Gunungkidul Kompol Verena Sri Wahyuningsih, Kapolsek Pathuk Kompol Mugiman, unit Sabhara polres Sleman, unit Sabhara polres Gunungkidul, Babinkamtibmas dan warga setempat.

Foto Bersama Amazing Moms dan Warga kelompok tani.
Foto Bersama Amazing Moms dan Warga kelompok tani.
Burhanudin Lebaran

“Kami dari Rotary Club of Yogyakarta Prambanan berkolaborasi dengan Amazing Moms dan didukung oleh unsur Muspida dan juga masyarakat sekitar, mengadakan program reboisasi untuk konservasi alam. Mengingat dibulan Januari ini tepat pada 10 Januari 2018 itu adalah hari Pohon sedunia.” Kata Faidillah selaku President Club Rotary Club of Yogyakarta Prambanan.

Rotary Club of Yogyakarta Prambanan dan Amazing Moms Menyerahkan sumbangan beras kepada warga.
Rotary Club of Yogyakarta Prambanan dan Amazing Moms Menyerahkan sumbangan beras kepada warga.

Faidillah menuturkan bahwa program ini sebenarnya sudah diinisiasi sejak lama dan saat ini senang karna semua unsur dapat terlibat.

“Program ini telah diinisiasi dari lama, dan alhamdulillah kami juga mendapatkan mitra yang sangat luarbiasa, manakala memang semua unsur bisa terlibat kali ini.” terangnya.

Iklan Wartiah PPP

Faidillah berharap bahwa program seperti ini dapat berjalan terus guna pemberdayaan masyarakat.

“dan harapannya program ini menjadi salah satu program yang berkesinambungan, guna pemberdayaan masyarakat sekitar.” Pungkasnya.

Suasana Ceria Penanaman Bibit Pohon oleh ibu-ibu dari Rotary Club Of Yogyakarta Prambanan, Amazing Moms dan Warga.
Suasana Ceria Penanaman Bibit Pohon oleh ibu-ibu dari Rotary Club Of Yogyakarta Prambanan, Amazing Moms dan Warga.

Sugeng Riyanto selaku ketua kelompok tani dusun Besi, Desa Beji, Kecamatan Pathuk yang pada kegiatan ini anggotanya dilibatkan melakukan penanaman bibit pohon buah, dalam wawancaranya mengatakan kegiatan seperti ini sangat positif.

“saya sendiri juga aparat desa setempat, itu merupakan kegiatan positif, dan semua warga ikut mendukung juga membantu pelaksanaan penanaman tanaman tersebut.” kata Sugeng.

Sugeng juga menjelaskan bahwa kegiatan saat ini merupakan pengembangan dari Resto Jelok dikarenakan adanya bencana banjir beberapa waktu lalu.

“ya ini merupakan pengembangan dari resto Jelok juga, karena dengan adanya musibah atau bencana alam khususnya banjir, akses jalan menuju Resto Jeluk itu terputus. Dan sampai saat ini belum ada istilahnya penanganan secara kusus” terang Sugeng.

“maka dari itu agar wisatawan atau pengunjung tidak kecewa, kita mempunyai alternatif dipandu oleh mas Aziz kita membuat sejenis wisata air juga wisata hutan. Yang disitu ditambahi tanaman sejenis tanaman buah-buahan misalnya ada rambutan, jambu kristal, juga mangga” Imbuhnya.

“kami semua warga berharap, mungkin untuk luasan kususnya tanaman pohon buah-buahan. Itu harapan kami jangan cuma di seputaran sini, sukur-sukur nanti ada lahan-lahan tertentu yang layak tanahnya untuk ditanami tanaman buah-buahan kususnya tanaman buah kayu yang seperti saya sebut diatas itu nantinya kita harapkan untuk pengembangannya itu merambah ke wilayah dusun-dusun.” Ungkap Sugeng.

Pada kesempatan ini, Wakapolres Gunungkidul Kompol Verena Sri Wahyuningsih juga menanggapi kegiatan ini sebagai kegiatan yang positif terutama untuk kalangan ibu-ibu yang ikut terjun dalam pembenahan lingkungan.

“untuk tanggapan kami yang diteruskan oleh ibu Heni beserta rombongan, untuk bakti sosial penanaman pohon, 300 bibit pohon di wilayah Jelok ini. Saya merasakan sesuatu yang positif dimana ibu-ibu ikut terjun langsung didalam pembenahan lingkungan paska adanya banjir yang dialami oleh Gunungkidul terutama di Jelok ini.” Tuturnya.

Verena juga mengungkapkan kesan yang asik mengenai kegiatan ini dimana ibu-ibu dapat membawa suasana ceria di desa Jelok.

“kesannya cukup asik ya, ibu-ibu kesini bisa membawa suasana yang begitu ceria dilingkungan desa Jelok ini.” Ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga melakukan penyerahan sumbangan beras kepada warga.(red)

Comments

comments