Soal Anjlok Harga Bawang, Ini Langkah Dinas Perdagangan NTB

0
68
Foto : Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj Putu Selly Andayani saat mengecek Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) di Dusun Bagetango Desa Lopok Kec. Lopok Kab. Sumbawa, Jum'at (12/10)

Mataram, MetroNTB.com – Sebagai tindak lanjut aksi unjuk rasa terkait merosotnya harga bawang merah di wilayah NTB, Gubenur NTB, Dr Zulkiflimansyah meminta Dinas Perdagangan untuk turun ke lapangan.

Respon cepat langsung diambil oleh Kadis Perdagangan NTB, Dra Hj Putu Selly Andayani bersama Tim Satgas Pangan Polda NTB Satgas Pangan Polda NTB melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Koperindag Kab Sumbawa dan mengecek Gudang SRG (Sistem Resi Gudang) di Kantor Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kab Sumbawa, Jumat (12/10)

ADS IRZANI

“Kami sudah cek langsung soal Operasional SRG (Sistem Resi Gudang) yang ada di Kab. Sumbawa yaitu SRG Bagetango Lopok dan SRG Labangka,” ujar Selly

Ia mengharapkan agar fungsi SRG yang sudah operasional di Kab Sumbawa sejak Tahun 2017 akan lebih optimal, yang saat ini baru sebatas menyimpan gabah, beras dan jagung.

“Kedepannya bisa untuk menyimpan bawang merah dan cabai hasil panen petani sehingga dapat memperoleh harga jual yang lebih baik,” kata Selly

Sementara, Kadis Koperindag Kab. Sumbawa Drs. H Arif, M.Si
mengatakan bahwa untuk pengembangan SRG kedepannya akan bekerja sama dengan BUMDes yang akan mengambil hasil panen petani dan menyimpannya di SRG.

“Selanjutnya petani akan mendapatkan Resi Gudang (sertifikat) yang dapat digunakan untuk mencairkan intensif sebesar 70% dari BRI sebagai lembaga finance-nya, dengan bunga sebesar 3% (lebih kecil dari bunga KUR), dan setelah penjualan sisa pembayaran dan kelebihan harga akan dikembalikan ke petani,” terangnya

Turut hadir dalam operasional SRG (Sistem Resi Gudang) tersebut, Tim Satgas Pangan Prov NTB yang terdiri dari Kepala Biro Ekonomi Setda Prov. NTB Ahmad Nur Aulia, S.STP., Kepala Dinas Perdagangan Prov NTB Dra. Hj. Putu Selly Andayani, M.Si., Plt. Kabid PDN Dinas Perdagangan Prov. NTB Lalu Suparno, S.Sos., MH, Kabid Perdagangan, Lang Rudi, Kasubbag Ekonomi Setda Kab. Sumbawa Barat, Andi Kusmayadi, Kabid P2EP2 Bappeda Kab. Sumbawa, Dr. Dedi Heriwibowo. (Mn)

Comments

comments