Selly Harap Gudang SRG Sumbawa Dimanfaatkan Lebih Optimal

0
51
Foto : Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj Putu Selly Andayani (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj Putu Selly Andayani mengharapkan agar fungsi pengelola Gudang dalan Sistem Resi Gudang (SRG) yang sudah operasional di Kab Sumbawa sejak Tahun 2017 akan lebih optimal, yang saat ini baru sebatas menyimpan gabah, beras dan jagung.

“Saya minta, kedepannya bisa untuk menyimpan bawang merah dan cabai hasil panen petani sehingga dapat memperoleh harga jual yang lebih baik,” kata Selly saat mengecek Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) di Dusun Bagetango Desa Lopok Kec. Lopok Kab. Sumbawa, Jum’at (12/10)

ADS IRZANI

Selly mengatakan, di samping SRG Lopok masih terdapat lahan milik Pemda Kab Sumbawa dengan luas 1,4 hektar, rencana kedepan akan dibangun gudang oleh Pemerintah Provinsi dan akan diajukan permohonan bantuan peralatan CAS (Controlled Atmosphere Storage) ke Dirjen BAPPEBTI Kementerian Perdagangan RI.

“CAS merupakan alat penyimpanan bahan komoditi paling mutakhir dengan memadukan teknologi pendingin (Refrigerator), Pengontrol RH, O2, CO2, N2, Ethylene sehingga dapat menyimpan produk seperti bawang merah dan cabai lebih lama (3-6 bulan) serta kwalitas kesegaran produk lebih terjaga,” terang Selly

Ditegaskannya, SRG (Sistem Resi Gudang) dibangun oleh Kemendag RI yang pemanfaatannya diserahkan kepada Kabupaten melalui Koperasi untuk membantu proses tunda jual.

“Di Kab. Sumbawa yang baru bisa operasional hanya SRG Lopok, sedangkan SRG Labangka belum bisa operasional karena masih ada permasalahan terkait lahan yang digunakan,” tegas Selly (Mn)

Comments

comments