Sebanyak 1.495 Kelombok Tani Lobar Terima Sertifikat

0
22

LOMBOK BARAT, MetroNTB.com – Sebanyak 1.495 kelompok tani menerima sertifikat registrasi dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar).

Penyerahan sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid kepada perwakilan kelompok tani dan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di masing-masing kecamatan,
di Becingah Agung Kantor Bupati Lobar di Giri Menang Gerung, Senin (22/1/2018).

Kelompok tani yang menerima sertifikat di antaranya kelompok petani pangan, holtikultura, kelompok ternak dan kelompok petani perkebunan.

Iklan Karman

Kepala Dinas Pertanian Lobar H. Muhur menjelaskan, dengan bergabungnya Badan Penyuluh ke Dinas Pertanian maka pembaharuan data kelompok petani menjadi penting.

“Sertifikat registrasi ini sendiri menjadi dasar kelembagaan bagi para kelompok tani,” terangnya

Burhanudin Lebaran

Muhur mengatakan, dengan begitu kelompok tani yang sudah teregistrasi dipastikan akan mendapat prioritas dari program Pemerintah, termasuk keikutsertaan sebagai peserta BPJS.

“Dengan banyaknya kelompok tani yang tumbuh maka ke depan harus terus diupdate,” katanya

Dalam kesempatan itu, Bupati H. Fauzan Khalid mengaku bangga dan sangat mengapresiasi kedatangan 4.000  lebih petani dalam acara tersebut.

Di mata bupati, petani merupakan salah satu sosok yang mulia. Bahkan, keberadaan petani menjadi penting bagi perkembangan industri pariwisata di Lombok Barat.

Iklan Wartiah PPP

“Wisatawan datang berkunjung pasti mencari makan. Itu semua tidak terlepas dari hasil karya dan perjuangan petani,” kata Fauzan

Bagi dirinya, oetanilah yang paling mulia pekerjaannya karena banyak memberikan kontribusi untuk tubuh dan pertumbuhan manusia.

“Karena apa yang kita makan merupakan hasil petani. Selain itu, petani Lombok Barat juga diharapkan mampu sebagai penyumbang lumbung pangan nasional,” ujar Mantan Ketua KPU NTB saat memberikan sambutan.

Dikatakan Fauzan, petani menjadi salah satu penyumbang kemiskinan di Lombok Barat. Hal itu sesuai dengan jumlah penduduk Lombok Barat yang mayoritas petani.

“Untuk meminalisir kemiskinan ini petani harus punya kelompok. Dengan kebersamaan semua hal akan mudah,” katanya.

Adapun perwakilan Kelompok Tani masing-masing kecamatan yang menerima sertifikat sebagai berikut. Kelompok Tani Ingin maju Kecamatan Kuripan, Kelompok Tani Karya Tani Kecamatan Kediri, Kelompok Tani Lembu Sari Narmada, Keompok Tani Tunas Mekar Kecamatan Lingsar, Kelompok Tani Sumber Sari Kecamatan Lembar, Kelompok Tani  Bengkaung Berkarya Kecamatan Batulayar, Kelompok Tani Beriuk Maju Kecamatan labuapi, Kelompok Tani Karya Tani Kecamatan Kediri, Kelompok Tani Aneka Tani Gerung, Kelompok Tani Terus Berpacu Kecamatan Sekotong. (Hs/De)

Comments

comments