Pilkada Di Lobar Berjalan Kondusif

0
48

LOMBOK BARAT, MetroNTB.com Proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tanggal 27 Juni 2018 diklaim berlangsung kondusif.

Hal itu berdasarkan hasil Sidak dari Tim Desk Pilkada Lobar ke seluruh kecamatan di Lobar. Sidak tersebut pun dilengkapi lagi dengan laporan seluruh camat kepada Tim Desk Pilkada.

iklan RSUD NTB

Dalam sampling Tempat Pemungutan Suara (TPS), Tim Desk Pilkada Lobar melakukan pemantaun langsung di beberapa TPS dan menemukan kondisi pemungutan suara berlangsung kondusif.

Tim Desk 2 yang dipimpin oleh Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Aparatur Setda Lobar Dr. H. Fathurrahim, M.Si yang mengunjungi Kecamatan Gunung Sari dan Batulayar  menjelaskan,

“Alhamdulillah secara umum berjalan kondusif. Walaupun ada sedikit kendala kurang kartu suara di Batulayar dan ada beberapa C6 di Gunungsari yang dikembalikan. Ada C6 yang tadinya sudah dikembalikan ternyata pemiliknya datang. Ini tentunya harus segera ditindaklanjuti,” ujarnya.

Coin For Lombok

Hal itu pun diakui oleh  Camat Batulayar Suparlan.

“Memang di sini di TPS 4 Sandik ini ada kurang kartu suara. Tapi sudah teratasi. Secara umum kondusif,” jelas Suparlan.

Sementara itu Camat Gunungsari H. Rusni menjelaskan dari hasil pantauan di wilayahnya, sejak malam tadi dirinya bersama tim kecamatan menilai situasi persiapan dan pelaksanaan sampai saat diwawancarai berjalan kondusif.

Namun Rusni pun menyayangkan banyaknya C6 yang dikembalikan beberapa desa.

“Hingga pukul 11.00 pagi ini ada 7 desa yang mengembalikan C6. Jumlahnya sekitar 700an. Ini disebabkan karena wajib pilih atau masyarakat yang telah terdaftar itu tidak ditemukan. Ada yang meninggal tapi kebanyakan tidak ditemukan atau pindah ke daerah lain,” jelas Rusni.

Demikian pula dengan temuan Tim 1 yang langsung dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kab. Lobar H. Moh. Taufiq yang didampingi langsung oleh Tim Peninjau dari Direktorat Jenderal Otda Kementerian Dalam Negeri.

Mereka melakukan pemantauan ke sejumlah TPS yang ada di wilayah selatan Lobar, seperti Gerung Lembar, Kuripan, Kediri, dan Labuapi,  Rabu (27/06)

Sampai seluruh tim yang beranggotakan Asisten I Bidang Aparatur dan Pemerintahan, Kepala Bakesbangpol, Kepala Dinas Sat Pol PP, Sekretaris Dinas Kominfo, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, Kepala Bagian Hukum, dan Kepala Bagian Humas Protokol berkumpul kembali, suasana di semua TPS dilaporkan berlangsung kondusif dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya cukup tinggi.

“Kita berharap seluruh masyarakat Lombok Barat yang telah terdaftar datang ke TPS sehingga prosentase yang ditargetkan Kemendagri bisa tercapai,” harap Fathurrahim.

Saat pukul 11.00 WITA saja, rata-rata tingkat partisipasi warga telah mendekati 73%. Ketika Ketua Tim, H. Moh. Taufiq menanyakan hal tersebut saat berkunjung ke TPS 3  Plabu Kuripan Selatan ke Camat Kurupan, Haji Lalu Hakam.

Hakam optimis bisa mencapai target nasional 77%, karena saat mengkonfirmasi Ketua KPPS, ia memperoleh angka 73% di jam 11.00 WITA

Comments

comments