Layan Satu Jam Hingga Praktik Sore

0
41

LOMBOK BARAT, MetroNTB.com – Tim Study Banding Rumah Sakit Umum Daerah Patut Patuh Patju (RSUD TRIPAT) dalam kesempatan belajar ke RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang juga mengkaji bagaimana RSUD mampu meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat.

Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Tripat, Arif Suryawirawan menuturkan bahwa salah satu yang menjadi fokus kajian mereka adalah pembukaan praktik dokter di sore hari dan satu jam layanan rawat jalan tuntas.

Saat ini RSUD Tripat belum memberikan pelayanan praktik dokter dikarenakan masih memiliki keterbatasan jumlah tenaga dokter. Saat ini, RSUD Tripat baru memiliki 26 orang tenaga dokter sehingga masih belum maksimal memberikan layanan kesehatan.

Iklan Karman

“Kecuali untuk bidang kesehatan penyakit dalam, anak, dan kandungan, kita sesungguhnya sudah bisa mulai melaksanakannya. Apalagi bila di tahun-tahun depan kita bisa dapat para dokter spesialis yang menjalankan Wajib Kerja Dokter Spesialis, saya kira kita sudah terbantu walaupun hanya 6 bulan saja. Tapi kalau bisa ada setiap tahun, maka layanan sore tetap bisa kita laksanakan,” papar Arif panjang lebar.

Di RSUD KRMT. Wongsonegoro sendiri hal tersebut sudah berlangsung setahun terakhir setelah memiliki dokter sebanyak 80an tenaga dokter.

Burhanudin Lebaran

“Di sini kan banyak fakultas kedokteran, jadi lebih mudah memperoleh WKDS,” tambah Arif.
Ketika dikonfirmasi kesiapan lainnya, Arif menuturkan memang menjadi lebih rumit.

Ia mengaku soal tempat, obat, dan tenaga non dokter sudah siap. Namun hal tersebut terkait dengan remonerasi yang menjadi hak para dokter dan keterbatasan bolehnya para dokter untuk membuka praktik maksimal 3 Rumah Sakit.

Hal tersebut menjadi komitmen pihak RSUD Tripat untuk mengkajinya lebih dalam saat study banding yang diterima oleh Direktur RSUD KRMT. Wongsonegoro, Dr. Susi Hernawati, M.Kes, Kamis (1/2/2018).

Arif pun menjabarkan tentang terobosan 1Jam layanan Rawat Jalan Tuntas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Arif dan rekan-rekannya di RSUD Tripat.

Iklan Wartiah PPP

“Cuma, hal itu bila tidak membutuhkan pemeriksaan lab,” ujar Arif.

Setelah memperoleh Predikat akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu, jajaran RSUD yang dipimpin oleh drg.

Arbain Ishaq ini semakin bersemangat menghadirkan terobosan untuk meningkatkan kualitas layanan ke masyarakat.

Comments

comments