Kapolres Lobar Tetapkan Sebanyak 89 TPS Rawan

0
129
Foto : Kapolres Lombok Barat, AKBP Heri Wahyudi (MetroNTB/Istimewa)

LOMBOK BARAT, MetroNTB.com – Kapolres Lombok Barat (Lobar), AKBP Heri Wahyudi memastikan bahwa kondisi kamtibmas di wilayahnya kondusif.

“Sampai saat ini tidak ada permasalahan yang menonjol terkait pilkada, baik kasus perusakan, intimidasi maupun bentrok antar pendukung,” ujarnya, Senin (25/6)

ADS IRZANI

“Namun, kami tetap melaksanakan deteksi dini dan patroli untuk menjaga keamanan,” kata Heri

Ia menyebutkan, potensi kerawanan antara lain adanya surat suara yang kurang dan sisa surat suara yang tidak dilaporkan KPPS. Selain itu potensi lainnya adalah adanya pemilih ganda, keributan, dan kecurangan saat penghitungan.

“Langkah antisipasi yang kami lakukan yakni memoniroting daerah rawan, memantau sekretariat pemenangan pemilu, dan melakukan pendekatan kepada tim sukses semua paslon,” ucap Heri

Lebih lanjut, Heri memaparkan, TPS di wilayah kewenangan Polres Lobar jumlahnya sebanyak 742. Sedangkan TPS di wilayah kewenangan Polres Mataram berjumlah 438 TPS.

“Dari 742 ini, Polres Lobar menetapkan sekitar 653 TPS yang aman. Sisanya 89 yang agak rawan. Kerawanan ini dikarenakan faktor kondisi jalan, jauhnya, jarak tempuh, kondisi alam, dan potensi kriminalitas,” tuturnya

“Ini yang kami maksud rawan. Misalnya seperti Sekotong, Labuapi, Kuripan, dan Batu Layar. Ini nanti akan jadi prioritas pengamanan,” ujarnya.

Potensi kerawanan lainnya, jelas Heri, yakni saat hasil penghitungan suara, ada kemungkinan sabotase, hilang dan dicuri. Untuk itu, Heri menekankan ke seluruh anggota Linmas, apabila terjadi chaos di TPS agar segera mengamankan kotak suara.

“Tolong yang diamankan pertama kali adalah kotak suara, jangan KPPS. KPPS nya biarkan saja,” kelakarnya.

Hery menambahkan, ada 20 tahanan di Polres Lobar. Dari jumlah tersebut hanya 4 orang yang punya KTP. Sisanya memang mengaku warga Lobar tapi tidak punya KTP.

“Ini masukan untuk ketua KPU untuk dipelajari lebih lanjut,” tandasnya

Comments

comments