Ini Langkah Zul-Rohmi Bangun “NTB Gemilang”

0
55

Mataram, MetroNTB.com – Gubenur NTB, Dr Zulkiflimansyah menyatakan untuk mewujudkan ‘NTB Gemilang’ visi Zul-Rohmi dilandasi oleh lima bidang program yang akan diutamakan dalam membangun NTB yaitu Pertama, Bidang Pendidikan dan kesehatan.

“Dalam bidang kesehatan kami akan upayakan untuk pengiriman 1000 putra/putri NTB per tahun untuk bersekolah ke luar negeri,” kata menyampaikan visi dan misinya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Masa Bhakti 2018-2023 dalam rapat paripurna istimewa dihadapan jajaran pimpinan dan anggota DPRD Prov NTB di ruang sidang DPRD NTB, Senin (24/9).

ADS IRZANI

Hal ini, kata dia, dilaksanakan dengan tujuan agar anak muda NTB tidak hanya punya wawasan nasional saja, tetapi juga wawasan internasional, sehingga bisa siap menjadi pemimpin, tidak hanya di NTB tetapi juga di Indonesia bahkan internasional.

Lanjutnya, di bidang kesehatan akan dikembangkan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin dan layanan posyandu yang unggul dan berkualitas serta memperkuat peran perempuan sebagai ujung tombak pembangunan pendidikan dan kesehatan.

Kedua, bidang Pemberdayaan Ekonomi dan Industri. Dalam bidang ini, akan diberikan keringanan modal usaha dan akses keuangan bagi masyarakat, mengembangkan sains dan tekno-industrial park serta rumah industri kreatif, mendorong industri pengolahan dan menghadirkan industri permesinan.

Ketiga, Bidang Pembangunan Sosial Kebudayaan, melalui upaya pemantapan  islamic center sebagai pusat peradaban, mengembangkan NTB Care sebagai sistem penanganan masalah sosial darurat cepat tanggap, fasilitasi pelayanan bagi penyandang cacat dan masalah social, serta mendorong pesantren sebagai pusat gerakan perubahan sosial dan cultural.

Keempat, Pembangunan Pedesaan dan Lingkungan. Dalam hal ini akan dilakukan pembangunan desa wisata potensial dan BUMDES potensial, mendorong penggunaan energi terbarukan dan menuntaskan kebutuhan air bersih, rumah layak huni, irigasi dan bendungan serta pengembangan desa pesisir dan lingkar hutan yg produktif dan ramah lingkungan.

Kelima, Pembangunan Pariwisata, yang diupayakan dengan memperbanyak penerbangan domestik dan internasional, memperbanyak event internasional di NTB, serta mengoptimalkan destinasi unggulan dan kawasan strategis untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal lain yang menjadi fokus perhatian dan cukup urgen untuk segera ditangani saat ini menurut gubernur adalah, terkait implementasi Instruksi Presiden No 5 Tahun 2018 Tentang Percepatan Rehab dan Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa Bumi.

“Alhamdulillah kami sudah memulai langkah awal melalui koordinasi dengan bupati / walikota pada daerah yang terdampak bencana ini. Insya allah upaya rehabilitasi dan rekonstruksi akan bisa segera teratasi,” ujar Doktor Zul.

“Saya meyakini dengan sinergi seluruh pihak, seluruh fasilitas umum, pelaksanaan proses pelayanan kesehatan, pelaksanaan pendidikan dan seluruh aktivitas perekonomian dapat kembali berjalan normal,” tambahnya.

Mengakhiri pidato penyampaian visi misinya, gubernur berharap agar sinergi yang telah terjalin selama ini antara eksekutif dan legislatif dapat terus terbina sebagai ikhtiar bersama membangun NTB.

“Termasuk juga dukungan dari seluruh elemen masyarakat dalam mengawal konsistensi dan kesinambungan pembangunan di NTB tercinta,” pungkasnya.(*)

Comments

comments