Guru Toi Centre Gelorakan Gerakan “Dompu Hijau”

0
89
Foto : Pendiri Guru To'i Center Akhdiansyah (Guru To'i) (MetroNTB/Istimewa)

Dompu, MetroNTB.com – Banjir bukan sesuatu yang baru terjadi di Kabupaten Dompu. Hampir setiap tahun daerah ini menjadi objek banjir.

“Sebagai bentuk kepedulian kita, Guru To’i Centre (GTC)  menggelorakan gerakan “Dompu Hijau sebagai salah satu solusi mengatasi persoalan banjir di Kabupaten Dompu,” ujar Pendiri Guru To’i Center Akhdiansyah
(Guru To’i), Sabtu (10/11)

Sekertaris Wilayah PKB mengatakan, sebagian orang menganggap, banjir karena program unggulan Bupati yang menggerakkan masyarakat sebagai komoditas unggulan yang sudah teruji mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Dompu.

ADS IRZANI

“Masalah banjir, hemat saya, harus dilihat secara kompleks. Projek “anti kemiskinan” dengan menanam jagung hanya hal-hal yang terlihat, tidak seutuhnya menjadi soal penunjang utama terjadinya banjir,” terangnya

“Ada soal-soal kebijakan, ada soal-soal sosial, serta ada juga soal-soal maindstreaming pembangunan yang belum dirumuskan secara menyeluruh di level penentu kebijakan,” lanjutnya

Guru To’i Center (GTC), kata Yonkq sapaan akarabnya rencananya akan menggelar dialog “Banjir Dompu, solusi dan masalah” pekan ini dengan mengundang stakeholder agar dapat mengurai masalah dan menemukan solusi.

“Dengan harapan secara struktural memberikan rekomendasi bagi element pemerintah dan masyarakat secara umum,” tandasnya

Disisi lain GTC juga akan mengajak seluruh element melakukan
“Gerakan Dompu Hijau” dengan menggalakan penanaman pohon sebagai antisipasi gundulnya hutan-hutan berpotensi timbulkan banjir.

“Kita akan menginisiasi serta mengajak masyarakat melakukan upaya-upaya mitigasi dan mendorong pemerintah agar lebih kompleks menangani soal soal banjir baik dari hulu sampai kehilir. Mitigasi bencana banjir juga harus menjadi bahan diskusi pemerintah,” pungkasnya (Mn/Gd)

Comments

comments