Fauzan : Parameter Keberhasilan Pemilu Adalah Meningkatnya Partisipasi Pemilih

0
76
Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid (MetroNTB/Istimewa)

LOMBOK BARAT, MetroNTB.com – Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid mengatakan parameter keberhasilan sebuah pemilu adalah meningkatnya angka partisipasi pemilih.

Saat ini Kementerian dalam Negeri RI memberi target pemilu kali ini pemilihnya bisa mencapai 77,5 persen. Pada pemilu sebelumnya, capaian jumlah pemilih mencapai 70,02 persen.

ADS IRZANI

“Ini berat. Untuk NTB sendiri tidak pernah menyentuh angkat 75 persen,”
ujarnya saat rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkopimda)Kepala SKPD, Ketua KPU Lobar dan Camat se-Lobar, Senin (25/6)

Diungkapkannya, capaian NTB selama ini memang di atas 65 persen. Secara nasional ini tinggi termasuk tinggi, apalagi dibandingkan dengan luar negeri yang angka partisipasinya kurang 50 persen.

Dengan adanya target ini, lanjutnya, mau tidak mau di NTB dan Lobar harus bisa mendongkrak pastisipasi pemilih. Ini tentunya tidak bisa dilakukan sendiri tanpa kerjasama.

“Tidak bisa hanya serahkan ke KPU dan Bawaslu. Harus semua kita bekerja,” imbuhnya

Untuk itu, ia juga berharap agar TNI dan polri meski tidak memiliki hak pilih, tapi hendaknya ikutserta membantu meningkatkan partisipasi pemilih.

Ukuran kedua, lanjut Fauzan yaitu kasus. Makin rendah kasus, maka makin sukses sebuah pemilu. Atau makin tidak substantif sebuah kasus, maka makin tinggi kualitas pemilu.

Ketiga, parameter masyarakat menentukan pilihan. Dan yang tak kalah pentingnya adalah keamanan dan kenyamanan masyarakat menggunakan hak pilih.

“Ini tentunya tugas TNI dan Polri yang tentunya harus dibantu oleh masyarakat,” ujarnya

Comments

comments