Di Ajang Lomba Penyuluh Pertanian Teladan, Lombar Optimis Juara

0
121

LOMBOK BARAT, MetroNTB.com – Di ajang Lomba Teladan/Berprestasi Penyuluh Pertanian dan Kelembagaan Tani tingkat Provinsi NTB tahun ini, Kabupaten Lombok Barat optimis bisa kembali juara seperti tahun sebelumnya.

Untuk Lombok Barat sudah ada satu kategori yang dipastikan sudah lolos ke tingkat nasional. Kategori tersebut adalah Kelompok Tani (Poktan) komoditi jagung “Bakong” yang berada di Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung.

iklan RSUD NTB

Hal tersebut dikemukakan Ketua Tim Penilai Lomba Teladan/Berprestasi Penyuluh Pertanian dan Kelembagaan Tani tingkat Provinsi NTB, H. Ruslan di Aula Kantor Dinas Pertanian Lobar, Rabu (25/4/2018).

“Berdasarkan pengalaman, Lombok Barat biasanya ada saja yang masuk ke tingkat nasional. Secara pribadi saya optimis itu,” tegasnya kemudian disambut aplaus meriah seluruh hadirin.

Tahun 2017 lalu, Lombok Barat berhasil meraih juara pertama untuk dua kategori, yakni Kelembagaan Ekopnomi Petani dan Petani Berprestasi atas nama Mursidin dari Gapuk.

Coin For Lombok

Dikatakan Ruslan, nantinya usai ke 10 anggota timnya melakukan penilaian secara obyektif, pihaknya akan menggelar rapat untuk menentukan pemenang lomba di 10 kabupaten/kota se-NTB.

“Dari 10 kabupaten/kota yang ikut lomba, rata-rata mengikuti lima hingga sembilan kategori penilaian. Nah untuk Lombok Barat ikut sembilan kategori lomba,” terangnya

Kesembilan kategori itu antara lain Lomba Penyuluh Pertanian PNS Teladan, Lomba Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi, Lomba Petani Berprestasi, Lomba Gapoktan Berprestasi, Lomba Poktan Komoditi Padi, Lomba Poktan Komoditi Sapi, Lomba Penyuluh Pertanian THL TBPP, Lomba Penyuluh Pertanian Swadaya dan Lomba Poktan Komoditi Kedelai.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Lobar, H. Muhur Zokhri memaparkan tradisi juara harus selalu dipertahankan. Bukan saja karena imbauan formal pemerintah daerah, tetapi juga realitas perjuangan para petani, kelompok tani serta kelembagaan petani yang harus diancungi jempol.

“Terima kasih atas perjuangan kita semua, semoga semuanya membuahkan hasil,” ucapnya

Comments

comments