Bapaslon Pilgub NTB Belum Lengkapi Persyaratan

0
41

MATARAM, MetroNTB.com – Empat bapaslon Pilgub NTB 2018 yang sudah mendaftar dan dinyatakan telah lolos tes kesehatan belum melengkapi persyaratan sebagai bakal calon.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Aksar Ansori mengimbau bapaslon untuk segera melengkapi berbagai kekurangan persyaratan.

Karman Ad

“Dari empat bapaslon, terdapat nama anggota DPR RI, Dr Zulkieflimansyah dan Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi yang belum menyampaikan surat pengunduran dirinya. Keduanya harus menyerahkan surat keterangan pengunduran diri sebagai anggota dewan,” ujar Aksar di kantor KPU, Rabu (17/1)

Aksar menegaskan bahwa surat keterangan dari pimpinan yang menjelaskan yang bersangkutan sedang memproses pemberhentiannya.

“Mereka masih ada kesempatan paling lambat 16 Februari sudah menyerahkan, lebih cepat lebih baik,” tegasnya

Pemprov 300×600

Selain itu, Zul dan Mori juga diminta menyerahkan surat keputusan (SK) pemberhentian sebagai anggota dewan kepada KPUD NTB paling lambat 28 Mei mendatang.

“30 hari sebelum pemungutan suara, SK pemberhentian sudah harus diserahkan. Kita (KPUD NTB) berharap (mereka) tidak menunggu paling lambat, lebih cepat tentu lebih baik,” tandas Aksar

Selain Zul dan Mori, terdapat tiga kandidat yang masih menjabat sebagai kepala daerah. Seperti Wali Kota Mataram, Ahyar Abduh, Bupati Lombok Tengah, Suhaili, dan Bupati Lombok Timur Ali Bin Dahlan.

“Sesuai peraturan perundang-undangan, ketiganya diharuskan mendapatkan ijin cuti paling lambat sebelum masa kampanye yang dimulai pada 15 Februari,” kata Aksar

Tanpa adanya ijin cuti, tambah Aksar, ketiganya tidak diperkenankan mengikuti proses kampanye.

“Ijin cuti berarti sebelum tanggal itu (15 Februari). Kalau belum keluar ijin ya tidak boleh kampanye, dalam UU ada sanksi di sana bahkan sampai bisa berakibat pada pembatalan. Oleh karena itu harus segera diproses ijin cuti,” katanya menambahkan

Comments

comments