Antisipasi Aksi Kriminal Jelang Idhul Fitri, Ini Imbauan Kapolres Mataram

0
141
Kapolres Mataram, AKBP Muhammad SIK (MetroNTB/Istimewa)

MATARAM, MetroNTB.com – Untuk mengantisipasi meningkatnya aksi kriminalitas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Kapolres Mataram, AKBP Muhammad SIK mengimbau kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya wilayah Kota Mataram agar selalu waspada dan berhati-hati.

Muhammad mengimbau agar masyarakat jangan menggunakan perhiasan yang mencolok atau berlebihan saat berbelanja maupun beraktifitas menjelang Idhul Fitri.

Tujuannya adalah agar tidak mengundang para pelaku kejahatan melancarkan aksi tindak kriminalitas. Sehingga masyarakat bisa aman dan nyaman serta selamat melaksanakan silaturahmi bertemu dengan keluarga.

“Terjadinya aksi kriminalitas dipicu adanya kesempatan para pelaku kejahatan melakukan aksinya dan di dorong adanya beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya, meningkatnya kebutuhan sandang pangan dan papan menjelang lebaran. Bagi sebagian masyarakat, hal ini disikapi memilih jalan pintas dengan cara berbuat aksi kejahatan,” ujarnya, Rabu (6/6)

Menyikapi bakal terjadinya aksi kriminalitas tersebut agar tidak menimpa warga masyarakat, Kapolres Mataram melakukan tindakan preventif dengan melakukan operasi dan melaksanakan patroli serta menerjunkan personel anggotanya ke lapangan khususnya daerah rawan.

“Kita akan terjunkan anggota melaksanakan patroli rutin, bahkan kita juga akan terjunkan anggota khusus guna mengantisipasi adanya tindak kriminalitas serta mengamankan situasi menyambut Hari Raya Idul Fitri,” tutur Muhammad

Yang jelas Polres Mataram akan memberikan pelayanan kepada masyarakat memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif sebagai bukti bahwa Polisi adalah sebagai pelindung, pengayom dan melayani masyarakat.

Lebih lanjut, Muhammad menghimbau masyarakat yang akan mudik lebaran dan meninggalkan rumah agar terlebih dahulu melapor kepada kepala lingkungan atau pihak keamanan lingkungan setempat.

“Bila Masyarakat melaksanakan mudik lebaran, sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, mohon kondisi rumah diperiksa dulu dan dipastikan aman. Dan hendaknya melapor ke kepala lingkungan atau pihak keamanan lingkungan setempat untuk selanjutnya diteruskan ke jajaran Kepolisian agar kita lakukan patroli guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” pungkasnya.

Comments

comments