Pengurus Banjar Hindu Dharma Yasa Pegawai Pemkot Mataram Dikukuhkan

0
Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengukuhkan Pengurus Banjar Hindu Dharma Yasa Pegawai Pemerintah Kota Mataram Masa Bhakti 2021-2024, bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram, Rabu (07/04/2021)
Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengukuhkan Pengurus Banjar Hindu Dharma Yasa Pegawai Pemerintah Kota Mataram Masa Bhakti 2021-2024, bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram, Rabu (07/04/2021)

Mataram, MetroNTB.com – Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengukuhkan Pengurus Banjar Hindu Dharma Yasa Pegawai Pemerintah Kota Mataram Masa Bhakti 2021-2024, bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram,  Rabu (07/04/2021).

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendy Eko Saswito, Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang, Ketua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se-Kota Mataram, Ketua Umum Banjar Hindu Dharma yasa Masa Bhakti 2021-2024 Ida Wayan Putra Ekantara, beserta pengurus Banjar Hindu Dharma Yasa Pegawai Pemerintah Kota Mataram Masa Bhakti 2021-2024.

“Selamat menjalankan tugas, selamat menjalankan kewajiban dan tanggungjawab untuk meningkatkan kapasitas organisasi dan terus memberikan pelayanan kepada Apratur Sipil Negara (ASN) kita di Pemerintah Kota Mataram.” Ucap Mohan

Menurutnya, kehadiran Banjar Hindu Dharma Yasa telah memberikan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh Pemkot Mataram.

“Hal ini tidak terlepas dari kiprah Banjar Hindu Dharma Yasa yang mampu mengakomodir kepentingan-kepentingan umat hindu di Kota Mataram dan disampaikan langsung ke Pemkot Mataram,” tuturnya

Adapun secara umum fungsi pengurus Banjar Hindu Dharma Yasa yakni untuk meningkatkan srada dan bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk mencapai keharmonisan dan kesejahteraan lahir batin, dan berfungsi untuk meningkatkan dan mempererat rasa kekelurgaan serta semangat gotong royong.

Mohan berharap ketua dan pengurus Banjar Hindu Dharma Yasa yang terpilih bisa mengambil  hal-hal baik dari pengurus-pengurus sebelumnya, terutama untuk meningkatkan fungsi dan kapasitas organisasi yang menjadi kebutuhan ASN Kota Mataram, dengan harapan keberadaan Banjar Hindu Dharma Yasa juga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di luar ASN Kota Mataram.

Sementara, Ketua Umum Banjar Hindu Dharma Yasa Masa Bhakti 2021-2024 Ida Wayan Putra Ekantara mengenang kehadiran banjar Hindu Dharma Yasa merupakan inisiasi dari Walikota Mataram H Mohammad Ruslan pada tahun 2000, dengan memberikan sinyal kepada umat Hindu di jajaran Pemerintah Kota Mataram untuk membentuk perkumpulan (banjar), yang Kemudian dilakukan pengukuhan pertama pada tahun 2002.

Dikatakan, selama 20 tahun kehadirannya di Kota Mataram, Banjar Hindu Dharma Yasa telah memberikan corak dan kebersamaan di lingkungan Pemerintah Kota Mataram. Terutama ketika berhubungan dengan acara-acara rutin umat Hindu.

“Banjar Hindu Dharma Yasa hadir sebagai penghubung antara kepentingan umat Hindu dengan Pemkot Mataram,” kata Ekantara

Saat ini, lanjutnya jumlah anggota Banjar Hindu Dharma Yasa sebanyak 315 anggota, yang terbesar di Dinas Kesehatan sebanyak 107 orang, Rumah Sakit Kota Mataram sebanyak 90 orang dan sisanya tersebar di OPD.

“Dan jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat pendataan akan menjadi program utama kedepan,” terangnya

Ekantara berharap kedepan pengurus bisa tetap menjalin komunikasi yang baik untuk menyerap aspirasi dari bawah dan menyalurkan sebagai kebijakan yang dibutuhkan, khususnya kepada umat Hindu yang ada di Kota Mataram (*)

Comments

comments