Tambora Ditargetkan Untuk Pengembangan Budidaya Porang

0

Dompu, MetroNTB.com – Bupati Dompu, Kader Jailani mengungkapkan bahwa Gunung Tambora merupakan salah satu potensi warisan alam yang melimpah bagi masyarakat Dompu untuk dikelola dan dikembangkan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dalam pengembangan geopark Tambora pemerintah daerah bekerja sama dengan pengelola geopark Tambora akan terus menginisiasi pola pembangunan ekonomi masyarakat melalui sektor industri pariwisata yang dikemas dalam konsep pariwisata yang berkelanjutan. Sehingga membantu pemanfaatan keunikan geologi budaya dan alam secara masif.

“Pemerintah Dompu akan terus mengawal berbagai program pembangunan yang diarahkan pemerintah Provinsi NTB untuk menjaga kelestarian hutan. Khususnya kawasan hutan di lereng gunung Tambora yang menjadi kawasan Taman Nasional Geopark Tambora,” ungkapnya.

Oleh karena itu, melalui program unggulan Jara Pasaka (Jagung, Padi, Sapi dan Ikan) diyakini akan mampu mengembalikan fungsi hutan dimana dalam pengembangan komoditi khusunya Porang yang mengharuskan adanya tanaman pelindung bagi tumbuh suburnya tanaman Porang.

“Sehingga tanaman pelindung dalam hal ini pohon-pohon besar yang melindungi tanaman Porang. Di samping kita melestarikan hutan, kita juga dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat melalui Komoditi Porang,” harap Jailani

Ia menambahkan, program Porang tentu menjadi penopang dalam upaya melestarikan fungsi hutan di Kabupaten Dompu. Sehingga bencana banjir yang melanda di beberapa wilayah di Kabupaten Dompu dapat diminimalisir dengan hadirnya prgogram penanaman Porang ke depannya (*)

Comments

comments