Dinas Pendidikan Loteng Usulkan Perbaikan Sekolah Gunakan DAK

0
Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mengusulkan perbaikan sekolah yang rusak menggunakan dana Dana Alokasi Khusus (DAK).
Foto : Plt Kepala Dinas Pendidikan Loteng Mohamad Nazil (MetroNTB/Zan)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mengusulkan perbaikan sekolah yang rusak menggunakan dana Dana Alokasi Khusus (DAK).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Loteng Mohamad Nazil menyebutkan sekolah yang mempunyai kategori ada yang rusak Berat, rusak sedang, dan rusak ringan.

“Ada juga skala prioritas bagi ruangan sekolah mana saja yang akan dilakukan perbaikan,” katanya, kemarin

Nazili mengungkapkan jumlah sekolah yang rusak tidak terlalu banyak, banyak hanya rusak sedang, artinya sekolah yang masih bisa di manfaatkan untuk proses belajar mengajar.

“Yang menjadi prioritas adalah sekolah mengalami rusak berat dan bangunan yang bisa membahayakan guru dan murid pada saat proses belajar mengajar berlangsung,” tuturnya

Saat ini, pihaknya sedang dalam proses perencanaan dan akan usulkan melalui DAK  “Kabupaten mengusulkan melalui dana DAK dan mempunyai proses yang panjang dan tahapannya hampir sampai delapan bulan,” terang Nazili.

Nazili menyebutkan, ada sekitar puluhan sekolah kategori rusak berat yang sudah masuk laporan baik melalui WhatsApp. Tapi presentasenya hanya sekian persen kalau dibandingkan dengan jumlah sekolah yang ada

“Jumlah SD Negeri saja jumlahnya mencapai 597 sekolah, SMP hampir 90 sekian. Kalau yang rusak berat hanya puluhan itu artinya presentasenya sedikit tapi tetap harus diperhatikan karena merupakan sarana belajar,” kata Nazili menambahkan (Zan)

Comments

comments