Pemdes Selong Blanak Tak Mampu Bendung Masyarakat yang Pergi Bau Nyale

0
Foto : Suasana Bau Nyale tahun lalu di Pantai Selong Blanak, Praya Barat, Lombok Tengah (MetroNTB/Ist)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Selong Blanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah tidak mampu menbendung masyarakat untuk merayakan festival tahunan Bau Nyale, meskipun pihaknya sudah melarang.

“Sebelumnya kita sudah melarang masyarakat dengan memasang portal, namun masih ada sebagian kecil masyarakat yang pergi,” akui Kepala Desa Selong Belanak Lalu Yahya kepada MetroNTB.com, Selasa 2 Februari 2021.

Pemdes juga sudah melakukan koordinasi dengan TNI-Polri serta Satpol-PP untuk melakukan penjagaan ketat bagi masyarakat yang datang Bau Nyale.

Namun ada saja sebagian masyarakat yang sampai ke pantai. Banyak jalan kecil yang dilalui oleh masyarakat,” ungkap Yahya

Selain itu, pihaknya sudah melakukan sosialisasi agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak terutama pedagang lokal yang ada di Selong Belanak.

“Kita himbau masyarakat dan pedagang untuk tetap mematuhi prokes. Jika ada yang melanggar, maka sanksinya tidak akan diberikan tempat untuk berjualan,” tegasnya

Ditambahkannya, sebagian masyarakat yang pergi bau Nyale juga kebanyakan tidak mendapat Nyale.

“Nyale tidak ada yang keluar untuk pagi tadi,” kata Yahya menambahkan (Zan/Mn)

Comments

comments