Komisi III DPRD Bersama Disperin NTB Bahas Potensi IKM di Lombok Timur

0
Komisi III DPRD melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat (Disperin NTB) untuk membahas potensi potensi Industri Kecil Menengah (IKM) di Lombok Timur
Foto : Fose bersama Komisi III DPRD saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat (Disperin NTB) untuk membahas potensi potensi Industri Kecil Menengah (IKM) di Lombok Timur, Senin 1 Februari 2021 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Komisi III DPRD melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat (Disperin NTB) untuk membahas potensi potensi Industri Kecil Menengah (IKM) di Lombok Timur.

Kepala Dinas Perindustrian NTB Hj Nuryanti mengungkapkan Lombok Timur memiliki potensi besar dalam industrialisasi. Menurutnya, sangat banyak peluang yang bisa melahirkan IKM baru di Lombok Timur.

“Seperti roadmap yang sudah dirumuskan oleh Disperin Provinsi NTB, yang akan segera disosialisasikan Kabupaten,” ujar Nuryanti melalui keterangan tertulis yang diterima MetroNTB.com, Selasa 2 Februari 2021.

Ia menjelaskan, dalam program prioritas, Disperin NTB mengadopsi enam (6) dari sepuluh (10) program prioritas nasional, yang tentunya berdasarkan potensi daerah Nusa Tenggara Barat.

“Dalam program prioritas Kabupaten/Kota yang disesuaikan dengan potensi Kabupaten/Kota itu sendiri,” terangnya

Untuk IKM di Lombok Timur, lanjut Nuryanti terdapat beberapa potensi industrialisasi, antara lain kopi, coklat, olahan ikan, logam, dan saus.

“Harapannya setiap desa memiliki produk produk yang berbeda dan quality control yang baik untuk bersaing di pasar lokal maupun luar daerah,” tutur Nuryanti

Selain itu, pendampingan dari hulu hingga hilir akan terus dan tetap dilaksanakan, agar kualitas yang diinginkan tercapai.

“Kami membantu IKM untuk mengurus ijin edar dan pirt,” katanya

Sementara, Komisi III DPRD Lombok TImur berharap berhasilnya program unggulan Pemerintah ini tidak terlepas dari sinergi Disperin Prov dan kabupaten/kota tetap solid untuk membantu usaha para pelaku industrialisasi yang ada di Lombok Timur.

“Ditambah dengan kreatifitas masa pandemi yang menambah kreatifitas masyarakat sehingga menimbulkan IKM IKM baru,” harapnya (*)

Comments

comments