Aisyah Odist Sulap Daun Nanas Menjadi Kain

0
Membanggakan, seorang perempuan bernama Aisyah Odist yang menggeluti dunia industrialisasi mampu menghasilkan karya yang sangat luar bisa. Bagaimana tidak membanggakan. Ia mampu membuat daun nanas yang biasanya tidak dimanfaatkan oleh orang orang, disulap menjadi kain dengan cara diambil seratnya
Foto : Foto : Aisyah Odist saat berkunjung ke Kepala Dinas Perindustrian NTB, Hj Nurtanti di ruangan kerjanya, Senin 1 Februari 2021 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Membanggakan, seorang perempuan bernama Aisyah Odist yang menggeluti dunia industrialisasi mampu menghasilkan karya yang sangat luar bisa. Bagaimana tidak membanggakan. Ia mampu menbuat daun nanas yang biasanya tidak dimanfaatkan oleh orang orang, disulap menjadi kain dengan cara diambil seratnya.

“Untuk satu kilo serat kain yang dibutuhkan bisa menghabiskan satu kwintal daun nanas. Setelah itu kainnya bisa diolah menjadi tas, dompet, dan kreasi lainnya,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima, MetroNTB.com, Selasa 2 Februari 2021.

Dalam kunjungan ke Dinas Perindustrian Nusa Tenggara Barat kali ini, aisyah membawa hasil produksinya yakni sebuah baju yang berasal dari serat daun nanas.

“Saya berinisiatif untuk membuka lapangan pekerjaan dengan menyatukan beberapa penenun yang ada di Lombok untuk menghasilkan kain dan baju,” ungkapnya

Selain itu aisyah meminta support Dinas Perindustrian untuk mematenkan produk yang dihasilkan, agar kerajinan dari serat daun nanas ini khas dari Lombok.

“Saya juga minta dukungan Dinas Perindustrian untuk mematenkan produk serat daun nanas jadi ciri khas Lombok,” tutur Aisyah

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti menyambut baik keinginan Aisyah. Dirinya berkomitmen untuk membantu proses pematenkan tersebut.

“Saya minta agar Aisyah tetap memberdayakan penenun yang ada di Lombok dengan membuat asosiasi penenun serat nanas dari Lombok,” ujarnya (red)

Comments

comments