2021, Dinas Perkim NTB Targetkan 320 Unit RTLH Tuntas

0
Plt Kepala Dinas Dinas Perumahan dan Permukiman NTB Jamaluddin mengungkapkan bahwa pasca gempa 2018 lalu masih banyak rumah rusak ringan yang belum dikerjakan
Foto : Plt Kepala Dinas Dinas Perumahan dan Permukiman NTB Jamaluddin (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Dinas Perumahan dan Permukiman Nusa Tenggara Barat (Perkim NTB) menargetkan sebanyak 320 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tuntas pada Tahun 2021.

“Penataan permukiman kumuh dan penanganan rumah layak huni Ini menjadi program prioritas kita. Jadi sesuai tupoksi kita di Dinas Perkim,” ungkap Plt Kepala Dinas Perkim NTB Jamaluddin, kemarin

Ia menjelaskan, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) penangan RTLH di Provinsi NTB menargetkan 5000 unit per tahun.

“Kita di Pemprov NTB. Target per tahun itu 5000 rumah. Tapi kondisi keuangan daerah yang sekarang karena kondisi COVID-19 kan tentu berkurang, begitu juga tentang pemukiman kumuh,” terang Jamal.

Dikatakan, untuk penangan RTLH setiap tahun terus ada peningkatan. Seperti tahun 2020 kemarin RTLH yang terrealisasi sebanyak 966 unit.

“Tahun ini (2021) kita rencanakan sebanyak 320 RTLH tertangani. Ratus ribu permukaan kumuh yang ada di NTB yang tersebar memang paling banyak di pulau Lombok. Jumlah penduduk besar, ini yang menjadi prioritas kita sekarang dan ke depan,” tuturnya

“Muudah-mudahan COVID-19 ini cepat berlalu dan anggaran-anggaran dari pemerintah pusat itu banyak lah yang digelontorkan ke NTB. Karena di NTB ke depannya ada motorGP. Ini bukan nasional tapi ini internasional,” kata Jamal menambahkan (*)

Comments

comments