Program INOVASI untuk Wujudkan NTB Sehat dan Cerdas

0
Foto Ilustrasi : Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menjalin kemitraan Pemerintah Australia melalui Program INOVASI untuk peningkatan kompetensi guru sebagai faktor kunci dalam pelaksanaan pembelajaran bermutu, peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan inklusif, dan hal-hal lainnya yang dapat mendukung terwujudnya NTB yang sehat dan cerdas (MetroNTB/Dis)

Mataram, MetroNTB.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menjalin kemitraan Pemerintah Australia melalui Program INOVASI untuk peningkatan kompetensi guru sebagai faktor kunci dalam pelaksanaan pembelajaran bermutu, peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan inklusif, dan hal-hal lainnya yang dapat mendukung terwujudnya NTB yang sehat dan cerdas.

“Program INOVASI sendiri fokus pada jenjang pendidikan dasar sebagai pondasi untuk jenjang pendidikan selanjutnya,” ungkap Konselor Pembangunan Manusia di Kedutaan Besar Australia di Jakarta Daniel Woods saat acara Pertemuan Komite Pengarah Program INOVASI Provinsi NTB melalui video conference, Selasa 12 Januari 2012.

Ia menjelaskan fokus program ini adalah untuk mencari solusi yang relevan dan sesuai dengan tantangan pembelajaran yang ada di daerah masing-masing dan meningkatkan kemampuan literasi serta numerasi anak sekolah dasar.

“Bentuk dukungan INOVASI yang telah diberikan seleama ini diantaranya, mendukung pengembangan kebijakan pada sektor pendidikan baik secara umum maupun inklusi. Mendukung Pemerintah dan Mitra Pemerintah untuk merintis dan menguji coba gagasan dan pendekatan baru,” tuturnya

Menyediakan konsultasi saran dan dukungan teknis. Selanjutnya mengkomunikasikan hasil program serta berbagai pengetahuan dan praktik baik.

“Membina hubungan dan kerja sama antar institusi serta membangun kemitraan dan koalisi serta melaksanakan kajian analisis yang responsive,” kata Daniel menambahkan

Acara tersebut juga diikuti oleh Konselor Bidang Pembangunan Manusia, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia /Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Sekretaris DaerahProvinsi NTB, dan Bupati Bima, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara dan Sumbawa beserta jajarannya serta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTB, Kepala BAPPEDA & Litbang Provinsi NTB, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB, Ketua PWNW Provinsi NTB, dan Dekan FKIP UNRAM. (*)

 

Comments

comments