Dapat Tambahan 2321 Unit RTG, Pemkab Loteng Targetkan Tuntas Bulan April

0
Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah mendapatkan tambahan Rumah Tahan Gempa (RTG) tahap II sebanyak 2321 unit
Foto : Plt Asisten I Murdi (MetroNTB/Zan)

Lombok Tengah,MetroNTB.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah mendapatkan tambahan Rumah Tahan Gempa (RTG) tahap II sebanyak 2321 unit.

”Tahap II yang sudah ACC sebanyak 2321 unit,” ungkap Plt Asisten I Murdi kepada MetroNTB.com, Rabu 6 Januari 2021.

Ia berjanji untuk segera mengerjakan RTG yang belum dikerjakan. “Untuk penambahan RTG di Lombok Tengah akan segera dibangun tahun ini,” kata Murdi

Dikatakan, anggarannya sudah ditransfer dan sudah didebet ke rekening masyarakat. Walaupun masih terkunci dan harus melalui proses baru bisa dicairkan.

“Pembangunan RTG akan tetap dilanjutkan karena pemerintah mempunyai fungsi untuk melindungi masyarakat yang menjadi korban gempa bumi tahun 2018 lalu,” tuturnya

Murdi menegaskan RTG ini akan dikerjakan 2021 ini. Menurut keputusan Gubernur NTB dan Bupati Lombok Tengah sudah ditetapkan bahwa pengerjaan RTG ini sampai dengan bulan April 2021.

“Sekarang masih dalam tahap persiapan oleh satgas percepatan dan fasilitator,” cetusnya

Murdi mengakui kondisi masyarakat terdampak gempa 20218 lalu saat ini sebagian kecil masih ada yang tidur di tenda. “Sebagian kecil masyarakat masih ada yang tidur ditenda,” akuinya

Kaitannya dengan masyarakat yang terdampak gempa dan sudah memperbaiki rumah secara mandiri, di juklak pengerjaan ada namanya pola perbaikan mandiri.

“Rumah itu akan diperiksa oleh satgas apakah perbaikan sudah sesuai dengan ketentuan atau tidak. bagi masyarakat yang sudah memperbaiki rumah secara mandiri akan terima uang tunai sesuai klaim penghabisan pembangunan,” terangnya

Murdi menambahkan, target pengerjaan RTG ini akan selesai pada bulan September lalu. Akan tetapi karena anggaran di transfer aKhir Desember sehingga pengerjaannya di perpanjang.

“Kemarin target pengerjaan bulan September sudah selesai. Akan tetapi BNPB mentransfer anggaran pada akhir bulan Desember sehingga pengerjaan RTG ini diperpanjang sampai bulan April 2021. RTG ini paling banyak akan dibangun di Kecamatan Batukliang Utara,” katanya menambahkan (Zan/Mn)

Comments

comments