Haul Gus Dur ke 11, Millenial Bintang 9 NTB : Tidak Perlu Serius Tapi Berkualitas

0
Foto : Suasana doa dan zikir dipimpin oleh TGH Faesal Saimun didampingi Wakil ketua PWNU NTB, Dr Jumarim, Inisiator Milenial Bintang Sembilan Akhdiansyah dan Wakil Rekor III UNU NTB, Irfan Suryadinata dan sejumlah tokoh NU NTB sebagai rangkaian Haul Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang ke 11 dengan tema “Millenial Rindu Gus Dur”. Kegiatan berlangsung di Aula PWNU NTB dengan protocol kesehatan COVID-19, Rabu malam 30 Desember 2020 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Millenial Bintang Sembilan (9) Nusa Tenggara Barat (NTB) memperingati Haul Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang ke 11 dengan tema “Millenial Rindu Gus Dur”. Kegiatan berlangsung di Aula PWNU NTB dengan protocol kesehatan COVID-19, Rabu malam 30 Desember 2020.

Founder Millenial Bintang 9 Akhdiansyah mengungkapkan Haul Gus Dur harus dimaknai dengan beragam perspektif. Salah satunya adalah memperkaya ruang kreativitas anak muda NU.

“Salah satu wadah ruang kreativitas itu adalah Millenial Bintang 9 ini,” ungkapnya dalam sambutannya

Guru To’i sapaan akrabnya berharap komunitas ini sebagai wadah bersama untuk membangun solidaritas antar sesama anak muda NU.

“Kita menjaga kebersamaan, mendorong solidaritas,” katanya

Tentu berdirinya komunitas Milenial Bintang 9 bukan organisasi yang struktural di SK dari NU atau atau mendapat mandat langsung dari NU. Namun pihaknya ingin melaksanakan kegiatan tidak perlu terikat dengan struktur, tidak terikat dengan beban. Tapi lebih kepada ingin mengekspresikan gagasan, ide secara kreatif.

“Maka Motto kami di komunitas ini, tidak perlu serius tapi berkualitas,” tutur Guru To’i

Di wadah non struktural ini, lanjut anggota DPRD NTB ini semua elemen yang tergabung bebas mengaktualisasikan diri dengan cara paling kreatif yang mereka miliki.

“Aktualisasi yang dimaksud masih dengan catatan, kreasi yang dimunculkan bernilai positif dan bermanfaat untuk orang banyak,” terangnya

Kegiatan Haul ini juga dirangkaikan rdengan menggelar sejumlah lomba. Guru To’I menyampaikan selamat kepada para pemenang vlog

“Malam ini saya ingin menyampaikan selamat kepada peserta vlog atas nama founder milenial bintang 9. Lomba vlog itu pesertanya seluruh Indonesia, sekitar 50 yang sudah mengirim video. Lomba tersebut terkait dengan keteladanan yang diwariskan Gus Dur,” ucap Guru To,i

Foto : Suasan menyanyikan lagu Subbanul Wathan pada acara memperingati Haul Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang ke 11 dengan tema “Millenial Rindu Gus Dur”, yang digagas oleh Millenial Bintang Sembilan (9) Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan berlangsung di Aula PWNU NTB dengan protocol kesehatan COVID-19, Rabu malam 30 Desember 2020 (MetroNTB/Ist)

Sementara Wakil Ketua PWNU NTB, Jumarim menceritakan pengalamannya bersama Gus Dur. Diungkapkan bahwa Gus Dur ini sudah berpikir melampaui Zamannya. Selain dikenal sebagai tokoh pluralis, dia juga sebagai cendekia muslim Indonesia. Sebagai tokoh muslim telah banyak dilakukannya. Seperti merubah paradigma jahil manusia, menjadi beradab.

“Bagi kita di Nahdiyin, supaya bisa mewariskan apa yang di lakukan Gus Dur.  Yang dilakukan hari ini tentu bisa sejalan dengan nilai yang digaungkan Gus Dur semasa hidupnya,”katanya.

Disisi lain, Jumarim mengajak ulama dan generasi NU untuk tetap memperkokoh semangat persatuan antar sesama. Artinya tidak ada sekat atau tiang pembatas yang membuat antar warga NU untuk tidak menyamakan presepsi.

“Mengutamakan persatuan antar sesama. Itu bagian dari menjaga keutuhan bangsa,” katanya menambahkan

Adapun kegiatan tersebut di rangkaikan dengan Doa dan zikir dipimpin oleh TGH Faesal Saimun didampingi Wakil ketua PWNU NTB, Dr Jumarim, Inisiator Milenial Bintang Sembilan Akhdiansyah dan Wakil Rekor III UNU NTB, Irfan Suryadinata dan sejumlah tokoh NU NTB.

Comments

comments