Universitas Islam Al-Azhar Terima Penghargaan “Green Kampus” dari LLDIKTI Wilayah VIII

0
Foto : Universitas Islam Al-Azhar menerima penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII karena telah berhasil menjaga dab merawat lingkungan. Penghargaan itu diserahkan Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr I Nengah Dasi Astawa, M.Si, di Denpasar, 17 Desember 2020 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Universitas Islam Al-Azhar menerima penghargaan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII karena telah berhasil menjaga dab merawat lingkungan. Penghargaan itu diserahkan Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr I Nengah Dasi Astawa, M.Si, di Denpasar, 17 Desember 2020.

Terkait hal itu, Rektor Universitas Islam Al-Azhar, Muh Ansyar, menyampaikan, penghargaan itu bisa diraih oleh Kampus Unizar karena, telah mampu melakukan penataan tata ruang, taman dan lingkungan Kampus yang Asri.

“Penghargaan ini tidak lantas membuat kita berbesar hati, karena kita masih punya tugas menata lebih baik supaya menjadi lingkungan benar-benar Asri dengan harapan, mahasiswa betah di lingkungan kampus sambil belajar dan menikmati internet gratis disediakan pihak Kampus,” ungkapnya, Jumat 18 Desember 2020.

Sapaan Ansyar itu menjelaskan, penataan lingkungan Kamous dilakukan sejak tahun 2014, namun akan terus ditingkatkan, bahkan membangun networking dengan beberapa Universitas lainnya dalam  dalam rangka menyongsong implementasi kurikulum Merdeka Belajar.

“Kami Unizar telah membangun Kerjasama dengan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma dalam implementasikan kurikulum Merdeka Belajar tersebut,” kata dia.

Tidak hanya itu, dirinya akan terus meningkatkan dan kembangkan kegiatan berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, karena dalam Tri Dharma itu, bersentuhan langsung dengan masyarakat, menyangkut pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kepala LLDikti Wilayah VIII, Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si
Untuk diketahui, LLDIKTI Wilayah VIII telah menyelenggarakan LIdikti Award tahun 2020. Dimana, Lldikti Award ini di ikuti oleh Perguruan Tinggi di lingkungan Lldikti Wilayah VIII di Bali, NTB, dan NTT.

Sebelumnya, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Prof Dr I Nengah Dasi Astawa, M.Si mengatakan bahwa, Khusus untuk penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian dari Tim Lldikti.

Penghargaan seperti ini akan terus dilakukan setiap tahunnya, namun untuk tahun depan akan adakan hanya untuk Bali dan NTB. Untuk bagi yang belum mendapatkan penghargaan kita akan terus dorong agar terus terpacu.

“ Penghargaan ini adalah penghargaan yang bersifat memotivasi. Tahun depan kita akan berikan penghargaan kepada rector yang progresif memajukan PT nya, nanti kita akan buatkan klaster rector, direktur, dan ketua,” ucapnya.

Perguruan Tinggi Swasta yang memperoleh Award LLDIKTI Wilayah VIII adalah
Perguruan Tinggi Swasta dengan perolehan Guru Besar Tahun 2020: – Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saraswati- Universitas Warmadewa

Perguruan Tinggi Swasta dengan perolehan Lektor Kepala Terbanyak Tahun 2020: 1. Universitas Pendidikan Nasional 2. Universitas Mahasaraswati Denpasar 3.

Universitas PGRI Mahadewa Perguruan Tinggi Swasta dengan perolehan Prestasi Mahasiswa Tingkat Nasional Terbanyak Tahun 2020: 1. Universitas Warmadewa 2. Universitas Bumigora 3. Universitas Katolik Widya Mandira.

Perguruan Tinggi Swasta dengan perolehan Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Terbanyak Tahun 2020:1. Universitas Flores2. Universitas Warmadewa3. Universitas Nahdlatul Wathan Mataram.

Perguruan Tinggi Swasta dengan Pelaporan PDDikti Terbaik Tahun 2019:1. Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero2. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Primakara3. Universitas Pendidikan Nasional.

Kemudian Perguruan Tinggi Swasta dengan Inovasi Terbanyak Tahun 2020:1. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Primakara2. Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik Mbojo 3. Institut Teknologi dan Kesehatan Bali.

Perguruan Tinggi Swasta dengan Program Studi Terakreditasi A Terbanyak:- Universitas Mahasaraswati Denpasar- Universitas Pendidikan Nasional- Universitas Hindu Indonesia- Universitas Warmadewa- Universitas PGRI Mahadewa- Universitas Ngurah Rai- Universitas Muhammadiyah Mataram- Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng- Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional.

Perguruan Tinggi Swasta dengan Perolehan Akreditasi A Terbanyak Tahun 2020:- Universitas Mahasaraswati Denpasar- Universitas Pendidikan Nasional- Universitas Hindu Indonesia.

Selanjutnya, Perguruan Tinggi Swasta dengan Akreditasi Institusi Standar 9 Nilai Tertinggi Tahun 2020:- Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Perguruan Tinggi Swasta Paling Aktif Melakukan Konsultasi dengan LLDikti Wilayah VIII Tahun 2020:- Universitas Pendidikan Nasional- Universitas Muhammadiyah Mataram- Universitas Kristen Artha Wacana- Universitas Pendidikan Mandalika.

Perguruan Tinggi Swasta dengan Pelaporan Beban Kerja Dosen Tepat Waktu dan Tertib Tahun 2020:1. STMIK STIKOM Indonesia2. Universitas Pendidikan Mandalika3. Universitas Katolik Widya Mandira.

Perguruan Tinggi Swasta sebagai Pioneer Perintis Pendirian Perguruan Tinggi di daerah 3-T:- Politeknik Elbajo Commodus Perguruan Tinggi Swasta sebagai Pioneer Membuka Program Studi S-2 Kesehatan Pertama:- Institut Teknologi dan Kesehatan Bali- Universitas Qamarul Huda Baharuddin Bagu.

Perguruan Tinggi Swasta yang melakukan Green Campuss:- Politeknik Internasional Bali- Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional- Universitas Islam Al-Azhar – Universitas Bali Internasional- Universitas Hindu Indonesia.

Terakhir, Perguruan Tinggi Swasta dengan Media Sosial Teraktif Tahun 2020:1. Universitas Warmadewa2. Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali3. Institut Desain dan Bisnis Bali. (*)

Comments

comments