Infrastruktur SDA Dinilai Berkontribusi Dukung NTB Jadi Penyangga Pangan Nasional

0
Foto : Kepala Dinas PUPR NTB H Sahdan (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Keberadaan infrastruktur sumber daya air dinilai berkontribusi besar dalam mendukung peran NTB sebagai salah satu provinsi penyangga pangan nasional.

“Hal ini ditunjukan dengan kesiapan untuk penyediakan air baku. Sudah lebih dari 10 bendungan dan 226 embung yang terbangun,” ungkap Kepala Dinas PUPR NTB H Sahdan

Pesatnya perkembangan penduduk dan industri menyebabkan ketimpangan antara ketersediaan air dan pemanfaatan air yang semakin besar.

“Di satu pihak ketersediaan air dari sumber air mengalami penurunan akibat dari terganggunya catchment area sedangkan kebutuhan akan air terus meningkat dengan penggunaan yang beragam,” tutur Sahdan

Dikatakan, meningkatnya erosi yang membawa kandungan lumpur mengakibatkan pendangkalan pada tampungan air maupun sungai.

Untuk menjamin layanan air irigasi selain dengan membangun bendungan baru dan jaringan irigasi baru dan peningkatan serta rehabilitasi jaringan irigasi baik yang merupakan kewenangan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

Sahdan menjelaskan pada Tahun 2020 ini salah satu proyek strategis nasional di sektor sumber daya air di NTB yang telah pelaksanaannya yaitu Bendungan Bintang Bano Kabupaten Sumbawa Barat.

Bendungan Bintang Bano merupakan bendungan multipurpose yang memiliki daya tampung air 65,84 juta m3 yang mampu mengairi sawah seluas 6.695 ha, menyediakan pasokan air baku 555 lt/dt dan mampu menghasilkan listrik dengan kapasitas 9MW.

“Selain itu bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir. Rencana inponding bendungan Bintang Bano pada bulan Juni 2021,” kata Sahdan menambahkan (*)

Comments

comments