(Cek Fakta) Ditemukan Surat Suara Sudah Tercoblos di TPS Malaka

0
Foto : Beredarnya surat suara yang telah tercoblos di TPS 05 Malaka, Dusun Malimbu, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara pada pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati KLU 2020, Rabu 9 Desember 2020 (MetroNTB/Ist)

Lombok Utara, MetroNTB.com Beredarnya surat suara yang telah tercoblos di TPS 05 Malaka, Dusun Malimbu, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara pada pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati KLU 2020, Rabu 9 Desember 2020.

Informasi surat suara yang telah tercoblos tersebut bermula dari unggahan akun Buyung Must KLU di media sosial, facebook sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Foto surat suara tersebut juga telah dibagikan ke beberapa grup, seperti grup Gerakan Ganti Bupati 2020.

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran cek fakta Pilkada 2020 bahwa Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Utara Adi Hermanto membenarkan adanya laporan surat suara yang telah tercoblos di TPS Malaka.

“Benar adanya surat suara yang telah tercoblos di TPS Malaka Pemenang,” ungkapnya saat dikonfirmasi

Dikatakannya, adanya surat yang telah tercoblos tersebut diketahui setelah KPPS melakukan pemeriksaan surat suara sebelum diserahkan ke pemilih. Setelah menemukan adanya kerusakan tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan KPU, dan surat suara yang telah tercoblos tersebut kemudian diganti.

“KPU sudah perintahkan untuk mengganti surat suara yang tercoblos itu,” katanya

Ia mengakui, pihaknya tidak mengetahui penyebab surat suara yang tercoblos itu secara pasti. Sehingga, pihaknya akan terlebih dahulu berkoodinasi dengan KPU Lombok Utara.

Selain itu, Adi menyebut, kasus surat suara yang sudah tercoblos baru ditemukan di TPS Malaka saja.

“Baru itu yang kami temukan,” cetusnya

Sementara itu, Ketua KPUD KLU Juraidin mengatakan, pihaknya masih membutuhkan waktu untuk melakukan pengecekan secara detail terkait surat suara yang telah tercoblos itu. Karena pihaknya tidak dapat mengambil kesimpulan penyebab secara pasti sebelum melakukan pengecekan.

“Kami membutuhkan pengecekan secara detail, tidak bisa mengambil kesimpulan apakah ada faktor kesengajaan, ataukah ada paku dan sebagainya, karena segala hal bisa terjadi,” tuturnya

“Tapi jika ditemukan masalah, silahkan laporkan saja kepada kami,” kata Juraidin menambahkan (red)

Comments

comments