DP3AP2KB Dorong Percepatan Pelaksanaan PUG di NTB

0
Foto : Kepala Dinas P3AP2KB NTB Husnanidiaty Nurdin saat memberikan sambutan pada kegiatan pertemuan kelompok kerja PUG tahun 2020, di aula kantor Dinas (DP3AP2KB), Selasa 1 Desember 2020 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Nusa Tenggara Barat (DP3AP2KB NTB) mendorong percepatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Provinsi NTB

Demikian disampaikan Kepala Dinas P3AP2KB NTB Husnanidiaty Nurdin saat memberikan sambutan pada kegiatan pertemuan kelompok kerja PUG tahun 2020, di aula kantor Dinas (DP3AP2KB), Selasa 1 Desember 2020.

Pihaknya mendorong peran maksimal perempuan dalam semua sector. Baik itu, Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) oleh para perencana Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sebagai wujud adanya komitmen para pengambil keputusan.

“Kami ini mendorong komitmen dan peran strategis masing-masing driver penggerak PPRG dalam kelompok kerja pengarusutamaan dender dalam melaksanakan perannya untuk percepatan pelaksanaan PUG di Provinsi NTB,” kata Husnanidiaty

Mantan Kadispora NTB ini mengatakan, setiap Perangkat Daerah (PD) mempunyai pemahaman yang sama dalam mengintegrasikan pengarusutamaan gender pada sistim perencanaan melalui implementasi PPRG sehingga dihasilkan anggaran responsif gender di PD tersebut.

Menurutnya, masih ada OPD dibawah lingkup Pemrov NTB yang masih belum secara maksimal menerapkan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di OPDnya.

“Sesuai indicator dan mekanismenya, ada delapan (8) OPD yang belum responsip dan maksimal, sehingga kdepan akan kami dorong untuk sinergi dan bersama membangun peran gender ini,” kata Husnanidiaty

Sehingga harapanya, NTB dapat memperoleh Anugerah Parahita Ekapraya (APE), penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi dan kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

“Targetnya, NTB akan berusaha meraih anugerah ini,” kata Husnanidiaty menambahkan (*)

Comments

comments