Tim Bawaslu RI Cek Kesiapan SDM Bawaslu Kota Mataram

0
Foto : Menjelang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, Tim Bawaslu RI melaksanakan supervisi kesiapan SDM Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kota Mataram (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Menjelang pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, Tim Bawaslu RI melaksanakan supervisi kesiapan SDM Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kota Mataram.

Selain itu, Tim Bawaslu RI juga memastikan kesiapan Bawaslu Kota Mataram penanganan dan pengendalian COVID-19 saat pemungutan dan perhitungan.

Tim Bawaslu RI yang didampingi oleh Bawaslu Kota Mataram turun langsung ke beberapa lokasi Panwaslu Kecamatan yang berada di Kota Mataram yakni, Panwaslu Kecamatan Ampenan dan Panwaslu Kecamatan Sekarbela, Kamis 26 November 2020.

Kordiv SDM Organisasi dan Data Informasi Bawaslu Kota Mataram Muhammad Yusril menjelaskan bahwa PTPS di Kota Mataram berjumlah 725 orang. Untuk menunjang kapasitas kemampuan PTPS, Bawaslu Kota Mataram melaksanakan Bimtek sebanyak dua (2) kali.

“Pertama, pasca pelantikan mereka langsung di Bimtek. Sedangkan Bimtek kedua akan dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2020,” katanya

Yusril menerangkan tentang penanganan dan pengendalian COVID-19 bahwa selain Alat Pelindung Diri (APD) seperti Masker, Handsanitizer, Faceshild, sarung tangan, dan identintas diri, Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) juga akan di Rapid Test. Pelaksanaan Rapid Tes akan dilakukan pada tanggal 27-28 November 2020.

“Selain kemampuan dan integritas, pengawas kita juga harus memastikan bahwa PTPS berada pada kondisi yang sehat, karena nanti yang menjadi ujung tombak pengawasan saat pungut hitung adalah PTPS,” tuturnya Yusril.

“Alhamdulih, untuk kesiapan Rapid Test, kita sudah siap semua. Tinggal eksennya saja,” kata Yusril menambahkan (*)

Comments

comments