Unram Gelar Workshop Peningkatan SDM Tenaga Kependidikan

0
Foto : Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Universitas Mataram (LPMPP Unram) menggelar acara Workshop “Peningkatan Kapasitas SDM Untuk Mewujudkan Pelayanan Prima di Universitas Mataram” bertempat di ruang Sidang Senat gedung Rektorat Unram. (MetroNTB/Hms)

Mataram, MetroNTB.com – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Universitas Mataram (LPMPP Unram) menggelar acara Workshop “Peningkatan Kapasitas SDM Untuk Mewujudkan Pelayanan Prima di Universitas Mataram” bertempat di ruang Sidang Senat gedung Rektorat Unram.

Acara yang digelar pada Rabu, (4/11/2020) tersebut dihadiri oleh para kepala biro, seluruh Kepala Bagian (Kabag) dan Kepala Sub Bagian (Kasubbag) di lingkungan Unram.

Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Unram Agusdin SE., MBA., DBA yang hadir dalam acara itu menjelaskan bahwa pelayanan prima menjadi suatu keniscayaan dalam pelayanan publik. Terlebih mengingat Unram yang berposisi sebagai universitas Badan Layanan Umum (BLU).

Dijelaskan Agusdin, tolak ukur dari service quality (kualitas pelayanan) untuk mencapai excellent service (pelayanan unggul) adalah rasa puas, bukti nyata yang bersifat fisik dari pelayanan, rasa empati dan tanggung jawab.

“Rasa (kepuasan terhadap pelayanan, red.) itu sudah menunjukkan service quality dari badan publik itu,” jelasnya.

Pelayanan yang berkualitas ini lebih-lebih harus diwujudkan saat melayani mahasiswa. Karena itu dia menekankan kepada para Kabag dan Kasubbag yang menjadi lini terdepan, agar memberikan pelayanan unggul.

“Harapan saya bapak/ibu Kabag Kasubbag sebagai lini terdepan dalam memberikan pelayanan terhadap stakeholder kita, lembaga mitra, masyarakat, lebih-lebih mahasiswa,” ungkapnya.

Diharapkan melalui workshop itu upaya peningkatan mutu di Unram bisa terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang.

Sebelumnya, Ketua LPMPP Unram Dr. Ir. Lestari Ujianto, M.Sc dalam sambutannya mengatakan, Workshop itu digelar dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Unram khususnya tenaga kependidikan untuk mencapai layanan prima. Sehingga dari acara tersebut nantinya diharapkan outcome berupa perbaikan-perbaikan dari tugas dan fungsi di masing-masing unit kerja.

“Melalui acara ini diharapkan ada perbaikan-perbaikan yang mengarah kepada pelayanan prima untuk mencapai visi misi Unram,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa tenaga kependidikan merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan, bagi mahasiswa, mitra lembaga hingga masyarakat luas pada umumnya. Oleh sebab itu, LPMPP menghadirkan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Rumah Sakit (RS) Kota Mataram untuk memberikan materi dalam kegiatan workshop tersebut untuk berbagi informasi dan inspirasi.

Kabid Bidang Pelayanan Keperawatan RS Kota Mataram Supardi, dalam kesempatan itu menjelaskan, pelayanan prima adalah pelayanan terbaik yang diberikan oleh karyawan instansi untuk memenuhi bahkan melampaui harapan konsumen.

“Ada tiga aspek yang menjadi fokus dalam pemberian layanan prima di Rumah Sakit Kota Mataram,” sebutnya.

Ketiga aspek pelayanan tersebut adalah sistem pelayanan, SDM, dan sarana prasarana. Sistem pelayanan dibuat secara teratur, tertib dan memperhatikan mutu, kenyamanan dan keselamatan pasien.

“Kami berinovasi dengan membuat pelayanan berbasis IT dengan Sistem Informasi Rumah Sakit, termasuk juga menetapkan SOP dari setiap pelayanan menyediakan loket informasi dan kotak saran hingga handling complain untuk menerima masukan dan keluhan dari pasien/keluarganya,” urainya.

SDM RS sendiri terus ditingkatkan dari segi kualitas maupun kuantitas. Supardi menerangkan bahwa RS Kota Mataram memiliki Manajer Pelayanan Pasien (MPP) yang bertugas melaksanakan koordinasi manajemen pelayanan pasien. Selain itu seluruh pegawai juga diberi pelatihan service excellent, dan pelatihan berbasis keahlian.

“Demikian pula halnya dengan sarana dan prasarana terus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan,” pungkasnya. (*)

Comments

comments