Mahasiswa Prodi Tata Hidang Poltekpar Gelar Event Bar

0
Foto : Mahasiswa Prodi Tata Hidang Poltekpar Lombok menggelar event Bar tahunan bagi semester lima (5) secara berkelompok, Kamis 19 November 2020 (MetroNTB/Zan)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Mahasiswa Prodi Tata Hidang Poltekpar Lombok menggelar event Bar tahunan bagi semester lima (5) secara berkelompok, Kamis 19 November 2020.

Sekertaris Prodi Tata Hidang Poltekpar Lombok Dewa Made Dirga mengatakan, mahasiswa Poltekpar program study tata hidang harus membuat event secara berkelompok.

“Ada beberapa tema yang dikonsepkan pada event Bar kali ini ada Chines, Itali, Meksiko,midles Timor Tengah,” katanya

Pada event hari ini menggunakan konsep Cina karena melihat sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Indonesia adalah wisatawan Cina, Itali, Mexico dan Timor Tengah.

“China pada beberapa tahun terakhir ini menempati urutan pertama melakukan kunjungan wisata di Indonesia dan paling tinggi jumlahnya,” ungkap Dewa.

Untuk anggaran pembuatan even ini berasal dari kampus dan mahasiswa tidak dipungut biaya apapun.

“Setiap semester kami punya anggara untuk kuliah praktik dan anggaran praktik inilah yang digunakan mahasiswa untuk membuat event,” terangnya

Dikatakan, mahasiswa Poltekpar mengadakan event ini secara mandiri, mulai dari konsep sampai dengan perencanaan menu makanan dan minuman yang akan dihidangkan

“Mengadakan event ini wajib bagi mahasiswa karena merupakan mata kuliah praktik bagi semester lima,” kata Dewa

Event ini berlangsung selama 4 minggu dan setiap kelompok terdiri dari 9 mahasiswa serta mengadakan event selama 2 kali dalam seminggu. Setiap hari Selasa dan Kamis dengan metode perminggu dikerjakan 2 kelompok berjumlah 18 mahasiswa dengan 1 tema konsep.

“Selasa dan Kamis minggu pertama menggunakan konsep Chines, Selasa dan Kamis minggu kedua menggunakan konsep Italia. Selasa dan Kamis minggu ketiga dengan konsep Mexico dan Selasa-Kamis minggu terahir menggunakan konsep Midles Timor Tengah,” jelas Dewa

Setelah event ini selesai akan ada event bersama antara kelas tata hidang dan kelas kuliner di pertengah bulan Desember untuk membuat gala diner.

Ia berharap supaya kedepannya mahasiswa poltekpar prodi tata hidang mampu membuka peluang usaha sendiri.

“Harapan saya mahasiswa lulus dari Poltekpar ini mereka berani dan mampu membuka peluang usaha mandiri dibidang kuliner dan bersaing di usaha-usaha ditingkat international,” cetusnya

“Target kita minimal 10% kita targetkan mahasiswa mampu menjadi enterpreuner atau pengusaha, sisanya kita berharap menjadi profesional dibidangnya masing-masing,” imbuh Dewa

Sementara Dosen team teaching Poltekpar Lombok Ainul Yaqin menambahkan event ini merupakan ajang pembuktian bahwa kompetensi yang sudah diajarkan mulai dari semester satu sampai sekarang bisa di aplikasikan oleh mahasiswa.

Sebelum mahasiswa menggelar event ini terlebih dahulu melakukan PKL didalam negeri sampai keluar negeri.

“Mahasiswa melakukan PKL di dalam negeri seperti di Jogja, Bandung dan Surabaya dan diluar negeri melakukan PKL di Malaysia,” kata Yaqin

Mahasiswa belajar melalui tahapan belajar dikampus sampai dengan melakukan praktik lapangan didalam negeri maupun di luar negeri.

Mahasiswa belajar dari pengalaman yang didapat selama melakukan PKL sehingga pada saat kembali ke kampus untuk mengadakan event mahasiswa sudah mahir di bidangnya masing-masing.

“Ada yang mahir bertugas menjadi manager, suvervisor, bartender dan manajemen witer,” kata Yaqin menambahkan (Zan/Mn)

Comments

comments