Bawaslu Catat Sejumlah Pelanggaran di Pilkada Kota Mataram

0
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Mataram mencatat sejumlah pelanggaran administrasi dan tindak pindana pemilu di Pilkada Kota Mataram.
Foto : Ketua Bawaslu Kota Mataram, Hasan Basri (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Mataram mencatat sejumlah pelanggaran administrasi dan tindak pindana pemilu di Pilkada Kota Mataram.

“Pengawasan kita di Kota Mataram sampai hari ini memang ada beberapa jenis pelanggaran. Baik itu administrasi maupun dugaan tidak pidana pemilu,” kata Ketua Bawaslu Kota Mataram, Hasan Basri kepada MetroNTB.com, Rabu 18 November 2020.

Ia mengungkapkan, pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh beberapa calon sudah ditindaklanjuti oleh Bawaslu.

“Administrasi kita mulai dari ada beberapa calon yang telah kami berikan peringatan tertulis terkait kampanyenya yang banyak orang yang dilibatkan,” ungkapnya

Administrasi yang kedua, lanjut Hasan ada beberapa kali pihaknya meminta klarifikasi kepada ASN yang diduga melanggar netralitas.

“Yang telah kami undang klarifikasi menggunakan rekom, ada beberapa ASN juga yang telah kami undang. Ada yang akan dan sedang proses kami proses kami undang. Kemudian ada juga yang sudah kami kirim rekomendasinya ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” tuturnya

“Yang berikutnya ada dugaan tindak pidana pemilu yaitu orang kampanye di luar jadwal. Itu sudah kami jadi temuan, kami bahas di Sentra Gakkumdu.¬† Di pembahasan kedua menjadi tidak dilanjutkan, tidak memenuhi unsur. Artinya pada pelaksanaan kampanye ini ada beberapa pelanggaran administrasi,” kata Hasan

Selain itu, ada yang terbaru lagi adalah dugaan tindak pidana pemilihan berupa menghalang-halangi orang, yang di Karang Sukun.

“Itu lagi proses yang tentunya semuanya masih tahap dugaan pelanggaran karena kan masih dalam tahap klarifikasi,” kata Hasan menambahkan (*)

Comments

comments