BNPB Gelar Rakor Penanganan COVID-19 di NTB

0
Foto : Dari kiri : Gubernur NTB H Zulkieflimanysah, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di NTB, bertempat di Novotel Lombok Tengah, Jum'at 13 November 2020 (MetroNTB/Hms)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di NTB, bertempat di Novotel Lombok Tengah, Jum’at 13 November 2020.

Rakor yang diikuti oleh seluruh Deputi dan Pakar BNPB baik secara langsung dan juga melalui virtual. Hadir jajaran Forkopimda Provinsi NTB, Asisten I dan II Setda NTB, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov beserta seluruh Satgas COVID-19 NTB mendengarkan perkembangan serta arahan jajaran BNPB di dalam menghadapi pandemi COVID-19 di NTB.

Kepala BNPB RI, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 RI mengarahkan agar koordinasi antara pemerintah daerah dengan pusat harus terus ditingkatkan.

Menurutnya, dengan koordinasi dan kerjasama yang baik, penanganan COVID-19 di tiap daerah dapat semakin terlihat progresnya.

“Hal-hal yang sudah baik ini harus kita jaga, namun yang masih belum optimal, perlu dilakukan langkah-langkah integrasi,” kata Doni

Ia juga menyinggung peningkatan kasus positif COVID-19 yang terdapat di Pulau Sumbawa belakangan ini. Menanggapi hal tersebut, Doni menilai disinilah peran aktif seluruh elemen masyarakat, khususnya tokoh-tokoh agama didalam mensosialisasikan protokol kesehatan COVID-19.

“Tokoh agama memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan ke masyarakat dan kami yakin himbauan dari tokoh-tokoh, khususnya tokoh agama ini sangat efektif dan mujarab, sehingga bisa ditaati oleh masyarakat,” tuturnya

Dikatakan, hal ini tidak bisa dilakukan hanya sekali waktu saja, melainkan harus secara rutin. Doni yakin dengan persatuan dan kekompakan masyarakat, pandemi COVID-19 akan mampu diatasi dengan baik.

Ia mengajak masyarakat agar tidak lengah dan lalai dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Ini adalah modal utama bangsa kita, ini adalah kekuatan bangsa kita, kebersamaan dan gotong royong,” katanya menambahkan (*)

Comments

comments