COVID-19 dan Pencegahannya

0
Foto : Ilustrasi virus Corona atau Covid-19 (MetroNTB/Eqi)
Foto : Ilustrasi virus Corona atau Covid-19 (MetroNTB/Eqi)

Mataram, MetroNTB.com – Virus SARS-CoV-2 atau virus corona menyerang sistem pernapasan manusia dan menimbulkan gangguan ringan sampai berat, bahkan kematian. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini disebut COVID-19.

COVID-19 dapat menyerang siapa saja tanpa kecuali, termasuk anak muda. Kelompok ini memiliki imunitas yang lebih baik sehingga mungkin dapat terpapar tanpa menunjukkan gejala (asimtomatik), tetapi berbahaya dan dapat menyebabkan kematian bagi orang orang di sekitarnya (silent killer).

COVID-19 tidak ditularkan oleh hewan, tetapi menular antar manusia terutama dari orang-orang terdekat. COVID-19 ditularkan melalui cipratan liur (droplet) yang dikeluarkan seseorang dari mulut atau hidung ketika bersin, batuk, bahkan saat berbicara. Droplet dapat jatuh dan menempel pada benda-benda di sekitar kita. Oleh karena itu, ketika kita memegang benda-benda tersebut, tangan kita berpotensi menjadi jalur transmisi penularan COVID-19 jika menyentuh hidung, mulut, dan mata.

Kelemahan virus tersebut antara lain; Pertama, COVID-19 dapat mati jika tempat hidupnya dibersihkan dengan sabun.

Kedua, virus ini tahan temperatur tinggi, namun semakin tinggi temperaturnya, maka akan semakin pendek masa bertahan virus.

Untuk pencegahannya, diperlukan perubahan perilaku masyarakat  yang menyangkut 3 hal yakni ;
• IMAN, yaitu beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing;

• AMAN, yaitu patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yang sering dikenal dengan istilah 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan
pakai sabun; dan

• IMUN, yaitu istirahat cukup, olahraga teratur, tidak panik, bergembira, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Setiap orang harus mau dan mampu melakukan perubahan perilaku kepatuhan 3M sehingga dapat mencegah terjadinya penularan COVID-19. Saat ini makin banyak orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala sehingga perilaku sehat 3M menjadi upaya pencegahan yang sangat penting.

Mari kita mulai membiasakan diri dan membudayakan 3M secara kolektif di dalam kehidupan pribadi dan didalam seluruh aktivitas sosial ekonomi sehingga tetap bisa produktif dan aman ditengah pandemi ini.

 

Comments

comments