Poltekpar Lombok Gelar Wisuda Perdana untuk 314 Lulusan

0
Politeknik Pariwisata Negeri Lombok (Poltekpar Lombok) menggelar wisuda perdana untuk 314 lulusan angkatan 2016 dan 2017 dari program Diploma III dan Diploma IV. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, Selasa 27 Oktober 2020, bersama enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) lainnya, berpusat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi, Jakarta.
Foto : Politeknik Pariwisata Negeri Lombok (Poltekpar Lombok) menggelar wisuda perdana untuk 314 lulusan angkatan 2016 dan 2017 dari program Diploma III dan Diploma IV. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, Selasa 27 Oktober 2020, bersama enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) lainnya, berpusat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi, Jakarta (MetroNTB/Hms)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Politeknik Pariwisata Negeri Lombok (Poltekpar Lombok) menggelar wisuda perdana untuk 314 lulusan angkatan 2016 dan 2017 dari program Diploma III dan Diploma IV.

Kegiatan dilaksanakan secara virtual, Selasa 27 Oktober 2020, bersama enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) lainnya, berpusat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi, Jakarta.

“Hari ini merupakan hari bersejarah bagi Poltekpar Lombok karena kami telah melaksanakan Wisuda Perdana angkatan 2016 dan 2017, program Diploma IV dan Diploma III,” ujar Direktur Poltekpar Lombok, Dr Hamsu Hanafi, usai pelaksanaan wisuda.

Wisuda Poltekpar Lombok bersama enam PTNP lainnya dipimpin langsung oleh Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio, disaksikan oleh ribuan wisudawan yang ada di 6 daerah yaitu Medan, palembang, Bandung, Bali, Makassar dan Lombok. Secara simbolis mahasiswa terbaik dari masing-masing PTNP juga dihadirkan sebagai perwakilan.

“Poltekpar Lombok juga mengirimkan dua orang perwakilan terbaik,” kata Hamsu.

Selepas acara wisuda virtual bersama Kemenparekraf, Poltekpar Lombok Pun melaksanakan wisuda secara simbolis dengan menghadirkan dua perwakilan terbaik dari masing-masing Prodi. Kegiatan berlangsung secara hikmad meskipun diikuti secara daring dari rumah masing-masing.

Hamsu mengatakan, wisuda ini merupakan langkah awal dari seluruh wisudawan untuk menempuh dunia kerja dan berlomba untuk meraih kesuksesan.

“Kami berharap para wisudawan dapat berkontribusi nyata sebagai insan pariwisata mengisi peluang dan mendukung pengembangan pariwisata kita di NTB khususnya dan di Indonesia para umumnya,” tutur Hamsu.

Politeknik Pariwisata Negeri Lombok (Poltekpar Lombok) menggelar wisuda perdana untuk 314 lulusan angkatan 2016 dan 2017 dari program Diploma III dan Diploma IV. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, Selasa 27 Oktober 2020, bersama enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) lainnya, berpusat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi, Jakarta.
Foto : Politeknik Pariwisata Negeri Lombok (Poltekpar Lombok) menggelar wisuda perdana untuk 314 lulusan angkatan 2016 dan 2017 dari program Diploma III dan Diploma IV. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, Selasa 27 Oktober 2020, bersama enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) lainnya, berpusat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi, Jakarta.

Secara nasional untuk enam PTNP di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) tercatat sebanyak 2.746 lulusan yang diwisuda bersama.

Dalam acara yang berpusat di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio mengatakan, meskipun prosesi wisuda ini dilakukan secara virtual dan hanya beberapa perwakilan di antaranya hadir langsung, namun tidak mengurangi penghargaan dan kepada wisudawan/wisudawati atas pencapaian ilmu dan prestasinya sampai pada tahap kelulusan ini.

“Keberhasilan telah mampu menyelesaikan studi adalah suatu langkah besar dalam progres membangun masa depan pariwisata dan ekonomi kreatif bangsa Indonesia,” kata Wishnutama.

Saat Wisuda Virtual Bersama 6 PTNP, hadir pula Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo, Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, Para Pejabat Eselon I dan II, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata, serta para anggota senat.

Menparekraf Wishnutama mengapresiasi tenaga pengajar dan para orang tua/wali yang mendedikasikan keprofesionalannya sebagai ujung tombak pada proses pembentukan kualitas pengajaran serta pendidikan generasi penerus bangsa, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Sebagai orang tua dan wali, sangat penting bagi kita untuk terus berperan menyediakan dukungan atas setiap langkah anak-anak kita yang tengah berjuang meraih cita-cita mereka,” katanya.

Menparekraf juga menjelaskan, Presiden Joko Widodo selalu memikirkan beragam solusi pembangunan sumber daya manusia sebagai suatu prioritas yang sangat penting bagi kemajuan bangsa dan negara.

“Salah satu upaya yang dapat segera kita lakukan untuk mencapai tujuan pembangunan SDM tersebut adalah melalui pendekatan pendidikan formal dan pelatihan. Kreativitas akan selalu tercipta selama napas berembus bersama jiwa dan raga yang siap menjadi perantara inspirasi,” ujar Wishnutama.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Sidang Bersama Ni Wayan Giri Adnyani menjelaskan, pada wisuda kali ini terdapat 13 wisudawan yang diwisuda langsung oleh Menparekraf sebagai lulusan terbaik.

“Ada 13 wisudawan lulusan terbaik yang diwisuda langsung oleh Menparekraf. Momentum ini juga sangat spesial lantaran ini merupakan wisuda pertama Politeknik Pariwisata Palembang dan Politeknik Pariwisata Lombok,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, PTNP melakukan wisuda kepada 2.746 wisudawan yang terdiri dari 772 wisudawan dari STP Bandung, 460 wisudawan Poltekpar Medan, 430 wisudawan Poltekpar Makassar, 561 wisudawan dari Poltekpar Bali, 259 wisudawan dari Poltekpar Palembang, dan 314 wisudawan dari Poltekpar Lombok. (*)

Comments

comments