Penguatan Jejaring Informasi Kelembagaan, Humas UINMA Gelar FGD

0
Dalam rangka penguatan jejaring informasi penguatan kelembagaan, Humas Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menggelar Focus Group Discassion (FGD), bertempat di aula kampus I UIN Mataram, Sabtu 10 Oktober 2020.
Foto : Dalam rangka penguatan jejaring informasi penguatan kelembagaan, Humas Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menggelar Focus Group Discassion (FGD), bertempat di aula kampus I UIN Mataram, Sabtu 10 Oktober 2020 (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Dalam rangka penguatan jejaring informasi penguatan kelembagaan, Humas Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menggelar Focus Group Discassion (FGD), bertempat di aula kampus I UIN Mataram, Sabtu 10 Oktober 2020.

Kasubag Humas dan Informasi UIN Mataram Suhirman Adita mengatakan
kegiatan FGD baru pertama kali digelar Humas bekerjasama dengan melibatkan 60 mahasiswa yang terdiri dari pimpinan para Ketua UKM/BKM, Ketua DEMA/SEMA, Ketua dan Sekretaris SEMA/DEMA di seluruh fakultas.

“Kemudian melibatkan 10 orang dari kawan-kawan media online untuk menjadi mitra kerja dari Humas UIN Mataram,” katanya saat diwawancara MetroNTB.com.

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan masukan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya, soalnya tahun kemarin Humas mengadakan pelatihan kehumasan dan protokol, pada saat itu ada usul untuk mengadakan kegiatan seperti ini.

“Setelah kita evaluasi, setiap tahun kita akan mengadakan kegiatan seperti ini, kemudian sinergitas dari seluruh potensi mahasiswa, ketua UKM/BKM dan seluruh mahasiswa pada umumnya memiliki peranan penting untuk mempublikasikan berbagai macam kegiatan yang terjadi di lembaga. Baik itu kegiatan akademik maupun non Akademik oleh mahasiswa,” terang Suhirman

Adapun yang berkembang saat FGD seluruh mahasiswa yang hadir, bahkan ingin menjadi perpanjangan tangan bahkan bekerja sama dengan Humas UIN Mataram.

“Ke depan, tadi kita sudah menyepakati satu ide hastag bahwa #UINMAmajaya. lah kan tadi ada beberapa mahasiswa yang sudah menawarkan diri siap untuk menjadi volunteer, menjadi relawan Humas di tingkat fakultas untuk menyampaikan berbagai gagasan ide,” kata Suhirman

“Bahkan ada yang tadi nyusul spesifikasi bahwa harus ada embrio dari Humas ini namanya “humas ceria” yang dibina langsung oleh Kasubag Humas,” lanjutnya

Ditegaskannya, nanti seluruh mahasiswa yang berprestasi di masing-masing fakultas dan jurusan. Seperti berprestasi di bidang akademik, bidang tulis-menulis atau jurnalis, atau olahraga dan minat dan bakat yang lain.

“Mereka ingin di Humas ceria itu isinya konten-konten prestasi yang diraih oleh mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram,” tegasnya

Sementara, Wakil Rektor UII UIN Mataram, Dr Nurul Yakin mengungkapkan sebenarnya kegiatan FGD membangun jejaring informasi terintegrasi dari Humas ini.

“Humas ini sudah melihat bahwa potensi terbesarnya adalah harus bukan bekerja sendiri tapi harus bekerja bersama-sama. Ini adalah niat awal yang baik dari humas, jadi harus terbuka mengambil potensi-potensi yang ada di mahasiswa terutama mereka yang memiliki keahlian,” ungkapnya

Menurutnya, ini awal yang baik untuk Humas, depan yang lebih maju lebih maju karena selama ini mungkin masih akan berpikir dengan terbuka, terintegrasi membangun jaringan termasuk mahasiswanya nantikan akan lebih maju.

“Mahasiswa garda terdepan untuk sosialisasi lembaga ini adalah humas,”¬† tegas Nurul Yakin

Dikatannya, harus ada hasil dari kegiatan, harus langsung membuat schedule bagaimana modelnya untuk terintegrasi dan terkoneksi dengan seluruh kegiatan mahasiswa. Bukan hanya mahasiswa termasuk lembaga-lembaga lain yang ada di universitas.

“Acara ini sangat bagus sekali karena kita lihat dari respon mahasiswa itu sangat aktif dan semangat untuk membantu humas bagaimana caranya untuk mensosialisasikan UIN Mataram. Saya berharap Humas harus sering membuat kegiatan seperti ini,” kata Nurul Yakin menambahkan (*)

Comments

comments