Warga Selebung Keluhkan Air Macet, Manajemen PDAM Lempar Ke UPT

0
Foto : Kepala Bagian Pengawasan dan Perencanaan PDAM Lombok Tengah H Lalu Hasnan (MetroNTB/Zan)

Lombok Tengah, MetroNTB.com – Manajemen PDAM Kabupaten Lombok Tengah menanggapi keluhan warga Dusun Lendang Paok, Desa Selebung Kecamatan Batukliang terkait macetnya air sudah lima (5) hari.

“Sebenarnya kami hanya melayani koordinasi dan komunikasi dari UPT yang berada di tiap-tiap Kecamatan.
Terkait teknis yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di lapangan itu adalah fungsinya UPT-UPT ini,” ujar Kepala Bagian Pengawasan dan Perencanaan PDAM Lombok Tengah H Lalu Hasnan, kemarin 16 September 2020.

Ia menjelaskan, secara umum akibat dari macetnya air ini disebabkan debit air yang sedang menurun dan dengan kapasitas pelanggan yang lumayan banyak.

“Di musim hujan saja debit air kita mencapai 500 liter per detik dan itu sudah termasuk devisit 200 liter per detik. Apalagi sekarang sedang musim kemarau,” tutur Hasnan

Dikatakan, untuk saat ini sebanyak 50.000 lebih warga di Lombok Tengah yang menggunakan air PDAM. UPT-UPT yang ada di masing-masing Kecamatan ini harus lebih giat lagi turun ke lapangan mengecek situasi.

“UPT harus lebih tanggap terkait keluhan dari warga. Jika ada keluhan segera bersurat ke kami biar cepat ditindak lanjuti. Kami akan turun ke lapangan jika UPT sudah bersurat dan berkoordinasi dengan pihak kami,” kata Hasnan

Terpisah, Direktur PDAM Lombok Tengah Lalu Kitab mengakui bahwa saat ini debit air sangat kurang, disebabkan karen musim kemarau.

“Daya dukung alam kita hampir tidak ada. Sementara kewenangan untuk reboisasi hutan ada di Pemerintah Provinsi,” katanya menambahkan (Zan/Mn)

Comments

comments