Dukung Program Kampung Sehat, Komunitas Kita Peduli NTB Gandeng Himalaya Bagikan Faceshield di Pusat Keramaian

0
289
Guna menekan penyebaran pandemi di masa transisi menuju tatanan baru, Ahad (19/7), Komunitas Kita Peduli menggandeng Himpunan Mahasiswa Lombok-Surabaya (Himalaya), menggelar bakti sosial kemanusiaan dengan membagikan faceshield di beberapa titik keramaian di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)
Foto : Guna menekan penyebaran pandemi di masa transisi menuju tatanan baru, Ahad (19/7), Komunitas Kita Peduli menggandeng Himpunan Mahasiswa Lombok-Surabaya (Himalaya), menggelar bakti sosial kemanusiaan dengan membagikan faceshield di beberapa titik keramaian di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Masa transisi menuju new normal life (tatanan hidup baru) di Nusa Tenggara Barat khususnya Pulau Lombok, mulai terlihat bergulir di tengah penyebaran masif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Guna menekan penyebaran pandemi di masa transisi menuju tatanan baru, Ahad (19/7), Komunitas Kita Peduli menggandeng Himpunan Mahasiswa Lombok-Surabaya (Himalaya), menggelar bakti sosial kemanusiaan dengan membagikan faceshield di beberapa titik keramaian di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Koordinator Komunitas Kita Peduli Wilayah NTB Wawan HR mengungkapkan, pembagian faceshield oleh penggagas Komunitas Kita Peduli Ibu Eka Tanuwijaya beserta pra donatur, dimaksudkan untuk melakukan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 dari akar rumput.

“Pembagian faceshield ini menyasar pedagang pasar karena menjadi pusat keramaian dan rentan bahaya penularan virus. Untuk hari ini kami menyasar empat pasar di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat, kami juga sekaligus melakukan sosialisasi tentang pentingnya menggunakan faceshield saat keluar rumah, jaga jarak, dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat, red),” ungkapnya.

Dikatakan, jumlah faceshield yang disebar untuk para pedagang pasar di Daerah Seribu Masjid Pulau Lombok yakni sebanyak 2000. Dimana di akhir pekan ketiga bulan Juli ini dibagikan di Pasar Kebon Roek dan ACC Ampenan Kota Mataram, juga di Pasar Jerneng dan Gerung Kabupaten Lombok Barat.

“Kami bersama Evan Hasibuan and Partners yang merupakan posko bantuan kami, merangkul Himpunan Mahasiswa Lombok-Surabaya(Himalaya) dan pemuda-pemudi di Pulau Lombok. Dalam pelaksanaan kegiatan juga kami tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Dijelaskan, Komunitas Kita Peduli sejak awal pandemi Covid-19 beberapa bulan yang lalu telah turut serta membantu tenaga medis, dalam penanganan pandemic dengan membantu dalam pengadaan alat pengaman diri (APD).

“Ada 14 rumah sakit dan puluhan puskesmas di NTB yang kita bantu dengan memberikan APD. Sedangkan kalau ditotal ada sekitar 100-an rumah sakit dan puskesmas di seluruh Indonesia, yang sudah menerima bantuan dari Komunitas Kita Peduli,” jelasnya.

Sementara perwakilan Komunitas Kita Peduli Pusat Evan Hasibuan di temui di sela pembagian faceshild mengatakan, sehari sebelum gelaran kegiatan di Kota Mataram dan Lombok Barat juga telah dilaksanakan kegiatan serupa di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Dimana dalam pelaksanaannya mendapat apresiasi dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah KLU.

“Nah, untuk kegiatan hari ini direncanakan seremonialnya akan dilakukan pada hari Senin (besok) oleh pejabat Pemkot Mataram, dan semoga kegiatan besok Bapak Walikota berkenan mengatensinya,” harap Evan.

“Kami apresiasi kepada mahasiswa yang turut serta pada kegiatan ini. Ini menunjukkan kepedulian mereka terhadap masyarakat di era milineial ini. Pun kami juga bertrimakasih kepada anggota TNI-Polri, yang telah turut serta membantu kami dalam kegiatan ini,” imbuhnya.

Sementara jadwal pembagian faceshield selanjutnya, lanjut Evan, Komunitas Kita Pedului akan menyasar pasar yang ada di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur.

“Di Lombok Tengah kita rencanakan akan menyasar Pasar Renteng dan Telagawaru dan kita jadwalkan pada hari Selasa, sedangkan untuk hari Kamis kami akan bergerak  ke Pasar Selong dan Masbagik Kabupaten Lombok Timur,” tuturnya. (*)

Comments

comments