RSUD NTB Miliki Potensi Kembangkan Wisata Medis

0
103
Foto udara RSUD NTB (MetroNTB/Dok Humas)

Mataram, MetroNTB.com – RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki potensi untuk mengembangan wisata medis

“NTB ini berpotensi untuk menjadi tujuan wisata medis, peluangnya besar, sehingga Kementerian Kesehatan sudah mendorong untuk itu,” ujar Direktur RSUD NTB dr H Lalu Hamzi Fikri.

Ia mengatakan, RSUD NTB saat ini sendiri telah memiliki fasilitas unggulan, yakni radioterapi untuk penderita kanker, layanan radioterapi, hanya ada di 19 RS di Indonesia, dan RSUD NTB salah satunya.

“Ini bisa menjadi unggulan kita dalam wisata medis ke depan,” ungkap Hamzi

Ia menjelaskan, penyakit tidak menular itu dalam 27 tahun terakhir terus mengalami peningkatan, termasuk kanker yang terkait dengan gaya dan pola hidup seseorang.

“RSUD NTB telah memiliki pengalaman dengan mengobati pasien dari Malaysia yang terkena penyakit kanker rahim setahun lalu,” sebutnya

Selain memiliki fasilitas radioterapi, kata Hamzi faktor keindahan alam Lombok menjadi pasien tersebut memutuskan berobat ke Lombok.

“Dia ingin berobat dan juga ingin menikmati keindahan alam Lombok. Akhirnya kami buat pola, kami rawat lalu kalau sudah agak segar kami ajak keliling ke Pantai Senggigi, dari aspek psikologis ternyata luar biasa dampaknya, dia merasa nyaman,” kata Hamzi menambahkan (red)

Comments

comments