Sebanyak 6 PMI Asal NTB Tiba di Pelabuhan Lembar

0
Susana pemeriksaan 6 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB yang bekerja di Negara Maldives di pelabuhan Lembar Lombok Barat (MetroNTB/Ist)
Foto : Susana pemeriksaan 6 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB yang bekerja di Negara Maldives di pelabuhan Lembar Lombok Barat (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Sebanyak enam (6) Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tiba di Pelabuhan Lembar Lombok Barat dengan menggunakan KMP Prima Nusantara Nusantara Minggu 26 April 2020.

“Informasi awal dari berita Perwakilan RI di Colombo Sri Lanka kepada BP2MI terkait kepulangan 17 PMI yang bekerja di Maldives. Enam (6) orang asal NTB,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis  (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Mataram, Abri Danar Prabawa saat dikonfirmasi MetroNTB.com

Ia menjelaskan bahwa mereka pulang dikarenakan tempat bekerja berhenti operasional sementara waktu dan ada yglang telah menyelesaikan kontrak kerja.

“Semua bekerja di sektor perhotelan.
Dari 17 PMI tersebut ada 6 PMI asal NTB,” terang Abri Danar

Ditegaskannya, sebelum kembali ke Indonesia mereka telah dilakukan tes kesehatan dan semua tidak reaktif Covid-19.

Abri Danar mengungkapkan setelah tiba di Denpasar Bali, kantor UPT BP2MI Denpasar Bali menginformasikan rencana kepulangan 6 PMI asal NTB melalui jalur penyebrangan Padang Bai-Lembar Lombok

“Kami kantor UPT BP2MI Mataram NTB menindaklanjuti info tersebut dengan melaporkan kepada Disnakertrans NTB dan Kab asal 6 PMI tersebur serta KKP II Mataram untuk langkah tindak lanjut penanganan dan pecegahan Covid-19,” ungkapnya

Selanjutnya, sesuai jadwal jam 21 WITA Minggu 26 April ke 6 PMI tsb tiba di pelabuhan lembar Lombok. Sesuai protokol kesehatan di lakukan pemeriksaan suhu badan oleh petugas KKP.

“Ke 6 PMI tersebut dinyatakan sehat dan bisa kembali ke rumah masing-masing dengan tetap harus melaporkan kedatangannya ke aparat di lingkungannya,” kata Abri Danar

Ditambahkannya, UPT BP2MI Mataram NTB dalam pelayanan pemulangan berkoordinasi dengan KKP Mataram, Polsek KP3, Dishub dan Disnaker asal PMI tersebut.

“Setiap kegiatan kami laporkan ke Kadisnaker dan satgas PMI Unpro di dalamnya ada Polda dan kami sebagai ketuanya. Satgas berdasarkan keputusan Gubernur NTB. Kadisnaker Prov sebagai Pengarah dan UPT BP2MI sebagai ketuanya,” kata Andi Danar menambahkan (*)

Comments

comments