Potensi Industri Perikanan di NTB Mulai Tampak

0
Gubernur NTB H Zukieflimansyah saat berkeliling melihat kolam ikan Balai Benih Ikan Batu Kumbung Lingsar, Selasa 28 April 2020 (MetroNTB/Hms)
Foto : Gubernur NTB H Zukieflimansyah saat berkeliling melihat kolam ikan Balai Benih Ikan Batu Kumbung Lingsar, Selasa 28 April 2020 (MetroNTB/Hms)

Lombok Barat, MetroNTB.com – Potensi industri perikanan di Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah mulai tampak.

Demikian diungkapkan Gubernur NTB H Zukieflimansyah saat berkeliling melihat kolam ikan Balai Benih Ikan Batu Kumbung Lingsar, Selasa 28 April 2020.

“Ikan sebagai salah satu bahan pokok makanan sumber protein menjadi yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat,” ujarnya

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki beberapa tempat pembibitan, salah satunya Balai Benih Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk mengembangkan potensi dalam bidang industri perikanan ini.

“Industrialisasi di bidang perikanan ini harus dikembangkan, mengingat potensi yang besar dan tingkat konsumsi ikan yang semakin tinggi di NTB ini,” kata Zukieflimansyah

Menurutnya, industri dalam bidang perikanan ini tidak hanya ditekankan pada pengolahan ikannya saja, namun meliputi pembibitan, pembesaran, hingga produksi pakan ikan. Hal ini diharapkan dapat terwujud dalam waktu dekat.

“Inti dari industri perikanan adalah pakan, kalau melihat hasil produksi seperti ini, kita harus bisa membuat pakan sendiri,” tutur Zukieflimansyah

Ia mengatakan bahwa industri di bidang perikanan ini dapat dimulai dari tingkat BUMDes dan IKM sehingga proses industrialisasi ini dikerjakan oleh masyarakat sekitar.

“Dalam hal ini, BUMDes harus diberdayakan, UKM-lKM kita yang memproduksi pakan ikan, pengolahan dilakukan oleh masyarakat sekitar, jadi manfaat industrialisasi ini dapat dirasakan oleh masyarakat kita,” imbuhnya (*)

Comments

comments