Bocah 2 Tahun Positif Covid-19 Asal Gunung Sari Kondisinya Membaik

0
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhandini Eka Dewi
Foto : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhandini Eka Dewi (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Bocah laki-laki HW (2) asal Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat yang diumumkan terkonfirmasi positif Covid-19, saat ini ini masih dirawat di ruang isolasi RSUD Provinsi NTB dalam kondisi membaik.

Ibu HW turut diisolasi bersama putranya, juga dalam kondisi baik, dan masih menunggu hasil pemeriksaan swab yang dilakukan di Laboratorium Biomedik RSUD Provinsi NTB.

“Saat ini pasien dengan ibunya dirawat di  RSUD Provinsi NTB dalam keadaan membaik,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr Nurhandini Eka Dewi, Minggu 12 April 2020

HW merupakan pasien positif Covid-19 nomor 27, dari 33 kasus komulatif positif di Provinsi NTB. Pasien nomor 27 dan keluarganya tidak punya riwayat bepergian ke daerah terjangkit Covid-19, dan tidak punya riwayat kontak dengan pasien Covid-19 sebelumnya.

“HW masuk dan dirawat di RSUD Provinsi NTB sejak Jumat 3 April lalu, dengan keadaaan pneunomia berat dan anemia,” kata dokter Eka

Dijelaskannya, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sudah meminta agar semua pasien anak dengan gejala pneumonia berat di daerah dengan transmisi lokal yang dirawat di Rumah Sakit harus dirawat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan harus dilakukan uji swab.

“Pertimbangannya karena anak-anak adalah kelompok yang rentan, dan dalam keadaan sakit berat mudah tertumpangi oleh Covid-19,” terangnya

Dokter Eka menambahkan, hal ini juga sudah dilakukan untuk semua pasien anak dengan pneumonia berat di seluruh Indonesia, terutama di daerah dengan transmisi lokal.

“Sehingga setelah tanggal 3 masuk ke RS, hari berikutnya kita lakukan swab terhadap HW dan dirawat sebagai PDP walaupun tidak ada riwayat kontak. Jadi resiko anak tertular secara epidemiologis yang menjadi dasar pemeriksaan ini, dan hasilnya positif,” katanya menambahkan (red)

Comments

comments