Dampak Covid-19, Sebanyak 2.955 PMI Asal NTB Akan Pulang Kampung

0
Suasana koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, di kantor BP3TKI Mataram, Kamis
Foto : Suasana koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, di kantor BP3TKI Mataram, Kamis (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Sebanyak 2.955 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Nusa Tenggara Barat (NTB) akan pulang kampung.

Demikian disampaikan Kepala BP3TKI Mataram, Abri Danar Prabawa saat
koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, di kantor BP3TKI Mataram, Kamis

Ia merincikan kabupaten Lombok Timur sebanyak 1447 orang, Lombok Tengah 986 orang, Lombok Barat 432 orang, Lombok Utara 46 orang, Kota Mataram 32 orang, Bima 6 orang, Sumbawa Besar 3 orang, Sumbawa 2 orang dan Dompu 1 orang.

“Terkait data kepulangan saat ini yang bisa disampaikan adalah data PMI habis kontrak, data PMIB dan data WNI/PMI deportasi,” kata Abri Danar

Ia mengatakan, untuk menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 360/170/BPDB/III/2020 setiap PMI yang kembali ke daerah asal agar melaporkan ke kepala desa, pemerintah daerah.

“Kita membutuhkan data PMI yang kembali untuk ditindaklanjuti sesuai surat edaran Gubernur tersebut,” katanya

“Kami sedang menyiapkan pelayanan kepulangan PMI baik melalui bandara ataupun pelabuhan sesuai dengan protokol penanganan virus Covid-19. Kita juga melibatkan tim gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi NTB,” ungkap Abri Danar.

Sementara, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Disnakertrans Provinsi NTB, Abdul Hadi mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah sedang mempersiapkan langkah dan upaya dalam menghadapi kemungkinan gelombang pemulangan dalam jumlah PMI asal NTB akibat dari pendemi Covid-19.

“Saat ini pemerintah sedang bersiap untuk menerima pemulangan PMI secara besar-besaran dari negara penempatan yang terdampak Covid-19,” ungkapnya

Terkait rencana pemulangan tersebut, Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) wilayah Mataram terus meningkatkan koordinasi untuk persiapan pemulangan PMI hingga sampai ke daerah asal masing-masing.

“Kami harap BP3TKI dapat mendukung pemerintah daerah, terlebih BP3TKI Mataram memiliki Helpdesk/Crisis Center di bandara sehingga dapat menjadi ujung tombak dalam pemulangan PMI,” ungkapnya

“Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB merencanakan akan membentuk Tim Kepulangan PMI bersama dengan BP3TKI khususnya di Bandara Internasional Lombok,” kata Abdul Hadi menambahkan (red)

Comments

comments