Pemprov NTB Siapkan JPS Sembako Gemilang

0
Foto : Gubernur NTB H Zulkieflimamsyah (MetroNTB/Hms)

Mataram, MetroNTB.com – Mengantisipasi dampak Covid-19, pemerintah provinsi akan menyiapkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Sembako Gemilang.

“Kami akan melengkapi jaring pengaman pusat dengan paket JPS Gemilang,” ujar Gubernur NTB H Zulkieflimansyah saat melakukan telekonferensi dengan Kapolda NTB, Danrem 162/WB, Kajati NTB, serta seluruh Bupati dan Walikota se-NTB di ruang kerjanya, Selasa, 7 April 2020.

Dijelaskannya, Jaringan Pengaman Sosial (JPS) Gemilang akan memaksimalkan produk-produk lokal.

“Setiap warga terdampak akan diberikan paket senilai 250ribu/kk yaitu berisi paket sembako dan serta vitamin dan masker,” tuturnya

Bang Zul sapaan akrabnya merincikan yang menerima sebanyak 73.000 KK warga tidak mampu dan 32.000 KK sektor pekerja informal sehingga total ada 105.000 KK penerima manfaat.

Terkait upaya pemerintah provinsi NTB dalam menangani dampak Covid-19 di kabupaten/kota, Gubernur menekankan agar Bupati dan Walikota segera menyampaikan data usulan tambahan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Tim untuk segera berkoordinasi terkait data PKH, lalu memastikan di Kabupaten kota agar tidak ada duplikasi program. Juga pastikan agar program ini mendukung produk-produk IKM sendiri,” imbuhnya

“Kita dukung produk Indusri kecil menengah (IKM) kita, akan ada pembelajaran di dalamnya dan mereka nantinya diharapkan punya produk yang lebih baik di masa datang,” tandasnya

Selain memaksimalkan IKM NTB, Bang Zul mengharapkan peran Danrem dan Baznas. Banyak dana di Baznas yang bisa disalurkan di warga terdampak.

“Saya juga berharap Danrem agar bisa berkoordinasi dengan para Dandim untuk antisipasi dengan rencana kontijensi, karena kita tidak tahu seberapa lama bencana wabah ini,” katanya menambahkan (*)

Comments

comments