Muslimat NU NTB Bumikan Islam Ahlussunah Wal Jama’ah Lewat Dakwah Virtual

0
Logo Muslimat NU
Foto : Logo Muslimat NU (MetroNTB/Ist)

Mataram, MetroNTB.com – Pengurus Wilayah Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Nusa Tenggara Barat terus berivonasi membumikan Islam Ahlussunah Waljama’ah di era 4.0 melalui dakwah virtual.

Ketua Yayasan Pendidikan Muslimat NU Nusa Tenggara Barat (NTB) Zusiana Elly Triantini mengungkapkan dakwah virtual yang telah digagas oleh Muslimat NU punya spirit untuk mengembangkan dakwah bil hal di era virtual.

“Spiritnya adalah untuk mengisi ruang kosong kajian virtual dari ulama perempuan dengan manhaj Ahlusunnah Wal Jamaah,” ujarnya saat dikonfirmasi MetroNTB.com

Buk Elly sapaan akrabnya mengatakan, dalam konteks Lombok, selama ini dakwah offline maupun online dan onair lebih banyak didominasi oleh para da’i (laki-laki), padahal resource dai’ah Muslimat NU sangat banyak.

“Beberapa pakar kajian Islam dari beberapa universitas adalah anggota Muslimat NU, maka kita membuat ruang inovasi dakwah bagi para da’iah ini menjadi penting,” terangnya

Dalam mengembangkan dakwah virtual, Muslimat NU telah mengembangkan sejumlah skema agar dakwah virtual ini bisa lebih efektif.

“Kita sudah siapkan beberapa skema yang kita gunakan,” ujar Buk Elly

Pertama, dakwah virtual melalui audio yang hanya berdurasi 5 hingga 6 menit dan disebar ke seluruh WA group. Pilihan skema ini diharapkan akan mempermudah jama’ah mengunduh dan mendengarkan rekaman tausiyah da’iah Muslimat NU karena kapasitasnya yang ringan.

“Kedua, skema dakwah virtual audio melalui youtube, untuk menyasar generasi milenial yang lebih bersahabat dengan media seperti youtube,” cetusnya

Ketiga, pihaknya telah merencanakan dakwah virtual video yang akan di mulai pada bulan Ramadhan tahun ini.

“Terkait dengan tema Untuk tema sangat disesuaikan dengan konteks yang sedang berkembang, menanggapi berbagai fenomena yang sedang ada,” kata Buk Elly menambahkan (red)

Comments

comments