Pastikan NTB Zero Covid-19, Politisi PKB Minta Pintu Masuk Dibatasi

0
Foto : Ketua PKB NTB sekaligus Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Nusa Tenggara Barat (NTB), H Lalu Hadrian Irfani (MetroNTB/Man)

Mataram, MetroNTB.com – Untuk memastikan Nusa Tenggara Barat (NTB) tetap Zero Covid-19, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta Pemerintah Provinsi untuk membatasi akses pintu-pintu masuk baik ke NTB dibatasi baik melalui bandara maupun pelabuhan sementara

“Langkah ini penting untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di NTB,” ujar Ketua PKB NTB, H Lalu Hadrian Irfani melalui keterangan tertulis yang diterima, Minggu 22 Maret 2020.

Ketua Fraksi PKB DPRD NTB ini menilai status siaga darurat bencana non alam yang ditetapkan Pemprov NTB untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, sudah tepat.

“Hanya saja, secara teknis harus lebih detil dijabarkan dan pelaksanaan kebijakannya harus benar-benar tepat,” kata Lalu Arie sapaan akrabnya

Dikatannya, langkah memperketat dan membatasi pintu masuk di NTB menjadi hal yang utama dan prioritas harus dilakukan. Selain melakukan edukasi dan imbauan social distanting dan pola hidup bersih di tengah masyarakat.

“NTB masih zero Covid-19, maka peluang penyebaran harus diantisipasi agar kita bisa aman dari penyebaran virus yang mematikan ini,” katanya

Menurutnya, arus pergerakan penumpang baik dari penerbangan dan jalur laut yang masuk ke NTB harus benar-benar dijaga ketat. Apalagi sebagian besar kota/kabupaten di pulau Jawa, dan Bali sudah menjadi daerah terpapar, yang bukan tidak mungkin masuk ke NTB.

“Meningkatkan pemeriksaan di tiap pintu masuk harus dilakukan meibatkan lintas sektoral. Baik Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) petugas Dinas Kesehatan, juga melibatkan unsur TNI-Polri,” tuturnya

“Jadi ada pemeriksaan ketat dan terpadu. Misalnya ada penumpang yang gejala klinisnya panas badan dan ada flu, ya bisa lebih discreen secara mendalam,” kata Lalu Arie menambahkan (red)

Comments

comments