Kades Se-Lobar Harap Wartiah Perjuangkan Beasiswa Perdesa

0
Anggota DPR RI dapil NTB II Pulau Lombok, Dra Hj Wartiah
Foto : Anggota DPR RI dapil NTB II Pulau Lombok, Dra Hj Wartiah (MetroNTB/Opan)

Mataram, MetroNTB.com – Dalam rangka menyerap aspirasi, anggota DPR RI dapil NTB II Pulau Lombok, Dra Hj Wartiah mengumpulkan Kades se-Lobar di Lesehan Green Asri, Jalan Ahmad Yani Lingkar Utara, Sayang-Sayang Cakrangera Kota Mataram, NTB, Kamis 5 Maret 2020.

Salah satu perwakilan Kades Saribaye Kecamatan Lingsar, Abdurrahman menyampaikan hajatan masyarakat yang ada di Lingsar dan umumnya di Lobar agar anak-anak yang ada di Lobar bisa mengenyam perguruan tinggi.

‘’Kalau kami di Desa Saribaye mempunyai program khusus yang sudah berjalan sekitar empat tahun namanya Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bina Insan Saribaye melalui Ilmu dan alam sholeh (Bismillah),’’ ungkapnya

Ia mengatakan, dirinya setiap tahun memberangkatkan 3 sampai 4 putra dan putri Saribaye ke perguruan tinggi dengan memberikan bantuan kepada mereka senilai 6 juta untuk dana awal.

“Jika pemerintah mengambil alih dengan memberikan bantuan beasiswa lainnya, insyallah masyarakat Lobar dan NTB lebih antusias lagi untuk menyekolahkan putra dan putrinya,” kata Abdurrahman

Ia menceritakan sebenarnya ide ini dulu berangkat dari masyarakat yang kebingungan menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi tapi terbentur karena biyaya. Lalu di respon langsung oleh Kades sebelum dirinya.

Foto : Fose bersama anggota DPR RI dapil NTB II Pulau Lombok, Dra Hj Wartiah saat mengumpulkan Kades se-Lobar di Lesehan Green Asri, Jalan Ahmad Yani Lingkar Utara, Sayang-Sayang Cakrangera Kota Mataram, NTB, Kamis 5 Maret 2020.
Foto : Foto : Fose bersama anggota DPR RI dapil NTB II Pulau Lombok, Dra Hj Wartiah saat mengumpulkan Kades se-Lobar di Lesehan Green Asri, Jalan Ahmad Yani Lingkar Utara, Sayang-Sayang Cakrangera Kota Mataram, NTB, Kamis 5 Maret 2020 (MetroNTB/Ist)

“Alhamdullah terbentuklah KSM ini, Bismillah ini dengan urunan untuk menyekolahkan ke perguruan tingg. Setiap tahun jika ada yang melanjutkan ke PT maka diberikan bantuan 6 juta per orang. Tapi ini khusus anggota yang tergabung dalam KSM Bismillah ini,” ungkapnya

Selain itu, setiap masuk tahun ajaran baru pihaknya juga memberikan bantuan perlengkapan buku, tas dan spatu kepada siswa yang melanjutkan ke jenjang SMP maupun SMA.

‘’Mudah-mudahan wakil kita yang ada di Kabupaten, Provinsi maupun pusat seperti Ibunda Hj Wartiah yang kebetulan menangani tentang mitra kerjasama beasiswa dan lain sebagainya supaya lebih intens turun menyerap asfirasi masyarakat. Terutama beasiswa dan informasi pendidikan sebab pendidikan adalah jantung pradaban,’’ harapnya

Menanggapi hal itu, Anggota DPR RI dapil NTB II pulau Lombok Dra Hj Wartiah mengaku soal beasiswa memang dari mitra komisi XI itu ada program dengan mitra yang berhubungan dengan perbankan.

“Kemarin sudah kami buka acara roadshow dan sosialisasi tentang beasiswa tahun 2020 di UIN dan Unram. Makanya saya juga fokus di desa-desa untuk menyerap aspirasi mana anak kita yang berhak mendapatkan beasiswa,’’ tuturnya

Selain itu, Ketua DPW PPP akan berkoordinasi dengan mitra di setiap desa berapa jatah untuk beasiswa sesuai dengan aturan yang ada.

‘’Kita akan perjuangkan ini sesuai dengan aturan. Jika nantinya setiap satu desa minimal berapa yang akan mendapatkan beasiswa. Nanti kita akan komunikasi dengan semua bank Mitra terakit hal ini,’’ tandasnya

Selain itu, pihaknya mengharapkan data-data mahasiswa yang kurang mampu yang menuntut ilmu di UIN Mataram maupun di Unram. Sebab data itu, nanti menjadi atensi bersama untuk biacara dengan mitra.

‘’Kami minta ke semua Kades di Lobar supaya mendata mahasiswa yang tidak mampu. Sebab ini sudah berjalan untuk S1,’’ imbuhnya

Hasil dari penyerapan aspirasi tersebut kata Wartiah, akan dibawa ke meja paripurna untuk ditindaklanjuti.

“Semoga semua aspirasi masyarakat di Lombok- NTB mampu terwujud dan semua keluh kesah hasil dari reses saya ini tetap akan saya sampaikan di DPR RI nantinya,” kata Wartiah menambahkan (red)

Comments

comments